Paket Sound System Ruang Rapat Cerdas

Paket Sound System Ruang Rapat Cerdas

Solusi Profesional Harman dan IBM Watson Internet of Things (IoT) meluncurkan solusi Paket Sound System Ruang Rapat Cerdas atau disebut juga dengan Voice Enabled Cognitive Rooms.

Memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan atau AI Watson milik IBM dan sistem mikrofon AKG, sistem speaker JBL Pro dan kontrol AMX AV serta sistem peralihan yg canggih, kedua perusahaan menawarkan kemampuan koneksi antar ruang untuk aplikasi ruang rapat seperti fasilitas medis , kantor , hotel, kapal pesiar dan berbagai lingkungan penggunaan lainnya.

Dengan penambahan solusi ini , Harman menjadi bagian dari kolaborasi IBM bersama Watson IoT global yg bernilai $200 juta di kota Munich ,Jerman. Didalam fasilitas ini, Harman mendemonstrasikan kemampuan mereka dalam sebuah sistem tata suara yg saling terhubung untuk aplikasi ruang meeting. Disaat yg sama , tim dari Harman juga bekerja sama dengan perancang ,tim riset dari IBM untuk mengembangkan teknologi IoT menjadi solusi yg tepat guna bagi pengguna di tingkat perusahaan.

Teknologi kognitif atau saling terhubung milik IBM diintegrasikan kedalam sistem tata suara Harman dan jam alarm dengan faktor format lainnya yg sedang dikembangkan , lalu para pengguna dapat saling berinteraksi dengan sistem menggunakan bahasa umum. Konsumen kini dapat menanyakan suatu hal atau memberi perintah menggunakan suara ketika didalam ruangan. Perintah ini lalu dikirim ke jarigan Watson cloud dan layanan Watson IoT , yg mana bekerja dengan teknologi milik Harman untuk memungkinkan pengguna mengontrol subsistem didalam ruangan dengan mudah ,tanpa harus melakukan inspeksi sistem secara manual.

Contohnya , ketika semua peserta konferensi sudah memasuki ruangan ,mereka dapat memulai konferensi video, membuat presentasi dan lainnya menggunakan perintah suara. Di masa yg akan datang , tugas ini akan dijalankan secara otomatis berdasarkan apa yg telah dipelajari oleh sistem tentang pengguna pada sesi pertemuan yg sebelumnya. Sistem ini akan bertambah pintar sesuai dengan penggunanya dan preferensi mereka waktu demi waktu.

Kemampuan yg diperlihatkan di kantor IBM di Munich ,sudah digunakan oleh pelanggan seperti Rumah Sakit Universitas Thomas Jefferson dimana pasien dapat berinteraksi melalui speaker didalam ruangan yg terhubung dengan platform IBM Watson IoT. Hasilnya adalah, mereka dapat meningkatkan kenyamanan dengan mengoperasikan lampu dan tirai jendela tanpa bantuan manual selagi menanyakan sesuatu atau meminta informasi tentang dokter yg menangani mereka melalui suara dan bahasa yg alami.

“Kami mengatasi masalah yg berbeda beda dalam aplikasi sound system hotel, rumah sakit dan ruang konferensi , dimana pengguna mendapati lingkungan yg tidak biasa namun harus melakukan tugas yg simpel seperti merubah suhu temperatur ruangan , mengatur tingkat pencahayaan, membuka tirai, melakukan panggilan konferensi atau melakukan presentasi ,” jelas Kevin Morrison, wakil presiden senior dari solusi perusahaan dari HARMAN Professional . “Sistem tata suara Voice Enabled Cognitive Rooms atau sound system cerdas yg dapat diakses melalui perintah suara buatan HARMAN menyediakan pengalaman yg intuitif , terlebih untuk pasien dengan kebutuhan khusus.”

Ruang rapat pintar yg dapat dikontrol melalui suara juga berfungsi sebagai asisten yg dapat menjawab pertanyaan umum atau pertanyaan spesifik yg dikembangkan oleh pemilik fasilitas dan jawabannya dapat disesuaikan oleh penggunanya. Contohnya , seorang tamu hotel bisa menanyakan waktu check out nya atau dimanakah ruang gym? . Sementara seorang pasien rumah sakit dapat menanyakan “jam besuk pasien atau menanyakan informasi tentang dokter yg menanganinya . Memanfaatkan integrasi  API dari Harman , pengguna bahkan dapat menggunakan jasa Watson untuk permintaan layanan, seperti reservasi restoran , layanan kamar , layanan shuttle dll.

“Perusahaan dan dunia hiburan adalah pasar yg sangat luas , IBM dan Harman mencari cara untuk menghubungkan orang secara lebih intim dengan lungkungan mereka melalui kognisi dan pemrosesan bahasa yg alami ,” jelas Harriet Green, manajer umum dari edukasi dan pendekatan konsumen, IBM. “Hasil dari kolaborasi ini simpel , kami menigkatkan kemampuan Watson dan AI ( Artificial Intelegent atau kecerdasan buatan ) untuk menciptakan lingkungan yg terhubung dengan beberapa lokasi, mulai dari hotel sampai rumah sakit dan perkantoran dimana mereka dapat mentransformasi pengalaman hidup sehari hari. Kami antusias untuk melanjutkan proyek ini bersama Harman dengan mengembangkan inovasi yg berbasis IoT.”

Memanfaatkan fitur utama dari Watson API seperti Natural Language Understanding dan Speech to Text, ruangan ini juga menyediakan solusi bagi pengguna dengan mobilitas terbatas dan gangguan penglihatan untuk bisa berinteraksi lebih dekat dengan lingkungan mereka. Dengan Watson, para tamu dapat berbicara dengan sistem secara alami tanpa memerlukan syntax , hanya menggunakan perintah sederhana seperti “tolong matikan lampu?”

Ruangan kognitif dengan kontrol suara juga memiliki piranti lunak bertaraf korporat yg membantu hal teknis dan para pelayan untuk meningkatkan efisiensi operasional. Contohnya , pembantu rumah tangga dapat mengucapkan perintah , “tolong kirimkan tukang untuk memperbaiki kamar mandi” dalam bahasa sehari hari. Kemampuan multibahasa Watson memungkinkan organisasi untuk mengakomodasi berbagai kalangan pengguna dari berbagai negara dengan dukungan bahasa yg terus bertambah.

Sama seperti solusi lainnya yg ada dipasaran , sistem ini diaktifkan oleh kata “bangun.” Namun , tidak seperti perangkat lainnya , kata kunci yg membangunkan sistem dari Voice-Enabled Cognitive Room dari Harman dapat disesuaikan oleh pengguna.

Sebagai tambahan kedalam sistem tata suara JBL Pro, sistem ini juga menyertakan kontroler terintegrasi AMX NX-1200, kontrol pad AMX Massio MCP-106 6 tombol dan keypad AMX Metreau Ethernet.

Paket Sound System Ruang Rapat Cerdas atau disebut juga dengan Voice Enabled Cognitive Rooms buatan Harman dan IBM untuk aplikasi korporat akan mulai tersedia pada pertengahan tahun 2017 ini.

Tagged : , , , , , ,

Leave a Comment

error: Content is protected !!