10 Cara Paling Ampuh Untuk Merusak Sound System

10 Cara Paling Ampuh Untuk Merusak Sound System
November 21, 2015 No comment

Pada kesempatan kali ini kita akan sedikit mengulas tentang 10 Cara Paling Ampuh Untuk Merusak Sound System. Tentunya hal hal yg dijabarkan berikut ini jangan kalian terapkan kalau masih sayang dengan sistem tata suara milik kalian.

10. Seringkali membiarkan feedback yg keras kerap terjadi

Jika kuping kalian saja sakit bila mendengar suara feedback, demikian juga yg terjadi pada speaker milik kalian. Menggunakan speaker setelah unit mengalami kerusakan akan membuatnya semakin parah.

9. Bi amplifikasi yg tidak tepat yg dikarenakan oleh pengaturan titik persilangan frekuensi yg terlalu rendah atau terlalu tinggi. Biasakan untuk melakukan pengecekan spesifikasi dari speaker kalian untuk menentukan titik persilangan yg paling tepat ketika menggunakan konfigurasi bi amp.

8. Kurangnya unit speaker yg dibutuhkan oleh tingkat SPL yg diinginkan atau cakupan suara yg tepat.

Daripada menggunakan speaker yg lebih tinggi daya watt di speaker yg sama untuk menghasilkan SPL yg lebih tinggi, coba tambahkan saluran amplifikasi tambahan dengan tambahan unit speaker.

7. Coba coba memaksa menggunakan sound system indoor untuk kebutuhan sistem tata suara outdoor.

Sound system outdoor membutuhkan paling tidak 12dB (daya 16x) daya output yg lebih besar dibanding indoor, dan sebesar 20dB (daya 100x) untuk dijalankan secara tepat.

6. Penggunaan EQ yg berlebihan

Cekungan EQ klasik berbentuk senyum sebenarnya adalah hal yg kurang bagus untuk speaker kalian.Selalu ingat kalau EQ adalah alat untuk memotong, bukan mendorong sinyal. Jika kalian membutuhkan frekuensi tinggi yg lebih banyak maka kurangilah porsi dari frekuensi bass ,begitu juga sebaliknya.

5. Penggunaan kompresor dan pembatas yg kurang tepat

Kompresi dan pembatas yg berlebihan menekan umur dari peralatan dan musik kalian.

4. Ruang kepala amplifikasi yg tidak cukup

Jika unit amplikasi milikmu memiliki daya tenaga yg terlalu kecil (tidak cukup ruang kepala ), kelebihan beban mungkin akan muncul, yg mana akan merusak speaker kalian.

3. Transien yg mendadak ketika speaker sedang panas

Transien adalah jedukan yg muncul ketika mematikan speaker dan menyambungkan unit mikrocon dll.

2. Sinyal yg overload sebelum sampai ke power amplifier

Hal ini disebabkan oleh distribusi gain konsol pencampuran yg tidak tepat, atau karena sinyal baris yg terlalu besar.

Dan yg terakhir adalah. . .

1. Tetap menggunakan speaker yg sudah rusakā€¦

Dan gagal menemukan dimana titik kerusakannya setelah penggunaan jangka panjang yg ngaco. Manfaatkan kuping kalian. Jika kalian mendengar adanya distorsi dari masukan yg bersih , kemungkinan besar ada kerusakan didalam sistem tata suara kalian.

Demikian sedikit sharing pengetahuan sound system kita kali ini, jika ada pertanyaan seputar sistem tata suara jangan sungkan untuk bertanya kepada tim kami. Salam

Tagged : , , , , , , , , , , ,

Leave a Comment

error: Content is protected !!