5 alasan mengapa preamplifier mikrofon itu penting

5 alasan mengapa preamplifier mikrofon itu penting

Hanya beberapa hal yang menimbulkan banyak perdebatan selain preamplifier mikrofon. Dengan ratusan pilihan merek, model, bentuk, ukuran, variasi dan konfigurasi yang berbeda beda, tidak heran kalau preamp mic menjadi salah satu perangkat sound system yang paling kurang dipahami dari rantai sinyal audio.

Bahkan sebuah perangkat antarmuka audio murah memiliki preamp mic didalamnya, beberapa darinya terdengar cukup bagus. Jadi mengapa kita harus mengeluarkan biaya yang lebih besar untuk sebuah preamp eksternal atau lebih?

Berikut 5 alasan mengapa preamplifier mikrofon itu penting.

  1. Tahap Awal Yang Bersih

Pada dasarnya, sebuah preamp mic membawa keluaran level rendah dari sebuah mikrofon dan mengamplifikasi sinyalnya ke tingkat yang lebih tinggi. Preamplifier mikrofon yang ditanam kedalam banyak perangkat antarmuka audio bekerja seperti ini. Namun preamp murah biasanya terbatas dalam hal tonal dan fleksibilitas, dan mereka bisa menambahkan suara noise dan pewarnaan tonal yang mungkin tidak kalian inginkan.

Sebuah preamp mikrofon yang berkualitas tinggi tidak hanya bekerja meningkatkan level sinyal mikrofon yang kalian gunakan. Ia akan menghasilkan sinyal yang lebih bersih dan akurat, dengan dorongan gain yang lebih besar, noise yang lebih rendah, kadar distorsi yang berkurang dan ruang headroom yang lebih lebar.

  1. Transparansi

Pada banyak kejadian, tujuan utama dari mempunyai seuah preamplifier mic yang berkualitas bagus adalah untuk menangkap suara setransparan mungkin. Mendengarkan hasil suara dari sebuan preamp mic yang mumpuni dan seketika kalian akan menyadari apa yang hilang.

Kebanyakan preamp murah secara inheren paling tidak menularkan suara desis dan noise latar kedalam sinyal kalian. Sebuah preamplifier mikrofon yang bagus akan mengejutkan kalian dengan betapa bersihnya sinyal kalian.

  1. Pilih Warnamu

Apakah kalian ingin trek lagu kalian bernuansa hangat atau adem? Tipis atau tebal? Seorang insinyur perekaman suara yang berpengalaman akan memakai beberapa jenis mikrofon dan preamp yang berbeda seperti halnya seorang pelukis menggunakan kuas, warna dan tekstur. Dan sama seperti melukis, kombinasi mikrofon dan preamp yang berbeda akan menciptakan hasil yang berbeda beda pula. Sisihkan waktu kalian untuk bereksperimen. Paling tidak, ini akan membantu kalian untuk membuat keputusan keputusan artistik yang lebih baik.

  1. Multiguna

Karena preamp mic tersedia dalam beragam jenis dan konfigurasi, kalian dimudahkan untuk mendapatkan perangkat yang tepat untuk berbagai situasi pemakaian. Jika kalian adalah seorang penulis lagu solo dengan sebuah gitar, sebuah preamp dua kanal yang sederhana sudah cukup untuk kebutuhan ini. Jika kalian ingin merekam drum secara live, atau bahkan sebuah band lengkap? Kalian dapat menggabungkan beberapa preamp mic multi saluran dalam konfigurasi mulai dari 8 sampai 32 saluran dan bahkan lebih.

  1. Konsistensi

Sementara kalian menjadi semakin terbiasa dengan suara dan karakteristik dari perangkat preamp mikrofon, kalian akan mulai menumbuhkan rasa akan kombinasi tertentu dari bagaimana sebuah mikrofon dan preamp dapat menghasilkan suara tertentu untuk aplikasi yang spesifik. Kebanyakan insinyur mempunyai pegangan kombinasi tertentu yang mereka pakai duluan ketika merekam instrumen musik atau jenis suara vokal tertentu.

Konsistensi dari pengetahuan akan pewarnaan tonal apa yang diharapkan dari berbagai jenis mikrofon lewat preamp yang berbeda beda akan membantu memandu kalian dalam mengambil keputusan dan membuat kalian menjadi seorang insinyur perekaman suara yang lebih baik dan efisien.

Tagged : ,

Leave a Comment