8 Tanda Hasil Campuran Audio Kalian Sudah Mantap

8 Tanda Hasil Campuran Audio Kalian Sudah Mantap

Salah satu hal yg paling sulit dicapai dalam sebuah proyek sound system adalah pada saat memutuskan campuran audio kalian sudah selesai atau belum.

Jika kalian memiliki target deadline, maka keputusan itu akan relative cepat untuk diambil, namun jika kalian memiliki sumber anggaran dan waktu yg tidak terbatas, pekerjaan pencampuran audio dapat memakan waktu yg lama untuk diselesaikan.

Jadi kapankah sebuah campuran audio yg bagus dapat dikatakan selesai? Berikut beberapa panduannya :

1. Irama lagu yg kuat. Irama biasanya muncul dari seksi rhythm, namun bisa juga dari elemen musik seperti gitar ( seperti lagu Every Breath You Take milik The Police) atau bisa juga dari gitar bass seperti lagu Detroit Motown dimana James Jamerson memainkan What’s Goin’ On dari Marvin Gaye. Apapun elemen yg mendasari irama, ini harus jelas dan kuar agar pendengar dapat merasakannya.

2.Kalian dapat membedakan setiap permainan instrument musik. Setiap alat musik memiliki rentang frekuensinya sendiri . Tergantung dari aransemen , biasanya hal ini yg paling memakan waktu dalam pekerjaan mencampur audio.

3. Setiap kata dari lirik dan setiap nada dari saluran atau solo dapat terdengar dengan baik. Kalian tidak akan mau kalau ada nada yg terpendam. Semuanya harus jelas dan jernih. Gunakan fungsi otomasi jika tersedia.

4. Campuran audio memiliki tendangan. Hubungan antara instrument bass dan drum berada pada proporsi yg seimbang dan menyatu dengan baik agar bisa memberikan dasar yg kuat untuk lagu.

5. Campuran memiliki titik focal. Apa yg menjadi elemen yg paling penting dari lagu itu? Pastikan itu tersampaikan dengan jelas ke telinga para pendengar.

6. Hasil campuran kalian memiliki kontras. Jika kalian menggunakan jumlah efek yg sama pada semua elemen , campuran akan terdengar kabur. Kalian harus memiliki faktor pembeda yg kontras antar elemen satu dengan yg lainnya , mulai dari kering sampai basah untuk memberikan citra mendalam kepada campuran.

7. Sudah bersih dari semua suara noise. Artinya dalam semua hal ,mulai dari suara nafas dari penyanyi yg menjadi besar karena kompresi vokal, noise dari ampli pada trek gitar sebelum dan sesudah permainan gitar, perubahan yg memperjelek suara ,dan semua yg mungkin mengambil perhatian dari si pendengar selain daripada lagu itu sendiri.

8. Kalian dapat membandingkan hasil campuran dengan lagu lainnya yg kalian suka. Ini adalah pengetesan terakhir. Jika kalian dapat kurang lebih menyamainya ,maka kalian dapat pulang dengan hati yg tenang.

Pada akhirnya , lebih baik kalian meluangkan waktu paling tidak satu hari per lagu baik itu di dalam studio atau di konsol pencampuran analog. Tentunya ,jika kalian mencampur setiap sesi pertunjukan selagi merekam, maka kalian mungkin akan menyelesaikan kedua pekerjaan itu dengan lebih cepat.

Demikian tips dan trik sound system adri kami pada kesempatan kali ini , sampai bertemu di kesempatan berikutnya. Salam

Tagged : , , , , , , , , , , , ,

Leave a Comment