Audio Power Amplifier Hafler P3100

Audio Power Amplifier Hafler P3100
October 03, 2016 No comment

Hafler yg merupakan sebuah divisi dari perusahaan produsen peralatan sound system professional Radial Engineering mengumumkan lahirnya produk Audio Power Amplifier Hafler P3100. Dirancang untuk kebutuhan aplikasi sistem tata suara didalam ruangan studio dan audiophile, Hafler P3100 membawa filosofi David Hafler dalam menyalurkan kualitas suara yg paling tinggi pada titik harga yg terjangkau.

Menurut insinyur senior dari Hafler ,Dan Fraser: “Hafler P3100 adalah ‘generasi selanjutnya’ dari rancangan sistem amplifikasi audio untuk para insinyur audio dan pendengar musik audiophile yg tinggi tuntutannya.Sistem amplifikasi audio yg baru ini memanfaatkan desain topologi MOSFET trans*nova khusus milik Hafler yg mengurangi rentang jalur sinyal sementara menyediakan kinerja yg stabil. Hasilnya adalah detail suara yg istimewa sambil memberikan perlindungan yg lebih baik terhadap unit speaker yg sedang digunakan.”

Amplifier Hafler P3100 menghasilkan tenaga sebesar 150 watt per salurannya pada impedansi 8 ohm, 200 watt per kanal pada beban 4 ohm dan dapat digabung menjadi mono untuk menyemburkan daya sebesar 400 watt. Dibekali dengan sistem pembuangan panas disetiap sisinya, Hafler P3100 tidak membutuhkan kipas.MOSFET lateral dirancang secara spesifik untuk penggunaan amplifikasi audio linear dengan kecepatan dan karakteristik suara yg dihasilkannya, dibandingkan dengan MOSFET vertikal dan keluaran transistor bipolar yg banyak digunakan oleh sebagian besar produsen alat amplifikasi audio.

Fraser melanjutkan : “Suara yg alami , reproduksi yg realistis dan musikalitas telah membuat  amplifier trans*nova dipilih untuk banyak instalasi sound system yg kritis. Sejak Hafler adalah pelopor dari penggunaan MOSFET, komponen ini telah terbukti bandel bahkan dalam situasi penggunaan yg sangat berat. Daya tahan ini memungkinkan unit amplifier untuk menggerakkan beban speaker yg reaktif tanpa mengurangi performa dan kualitas suara yg seringkali ditimbulkan oleh sistem perlindungan speaker.”

Panel depan dari unit dibekali dengan fitur kontrol trim mandiri bersama dengan sebuah tampilan lampu LED untuk pemantauan yg presisi akan hadirnya sinyal dan status kelebihan beban. Saklar daya dilengkapi dengan sebuah sirkuit ‘soft start’ yg mencegah unit amplifikasi mengirimkan arus transien yg merusak pada saat dinyalakan dan dimatikan. Sebuah jaringan pemantauan thermal mengukur suhu heatsink dan secara otomatis mematikan unit amplifikasi jika terdapat panas yg berlebihan.

Busi internal telah digantikan dengan sebuah sirkuit yg bekerja memantau saluran keluaran dan otomatis mati sendiri jika terdeteksi adanya arus pendek. Panel belakang diisi dengan koneksi masukan sinyal dari XLR seimbang dan TRS ¼ inci untuk penggunaan professional disamping keluaran tidak seimbang RCA berlapis emas untuk aplikasi audiophile. Koneksi ke unit speaker mengadopsi terminal sekrup yg kompatibel dengan standar keamanan penggunaan modern saat ini.

Generasi terbaru dari sistem amplifikasi suara trans*nova memperkenalkan sebuah pengubah arus daya toroidal ke dalam sirkuit, menggantikan tipe E lam yg lama. Trafo toroidal memiliki impendansi keluaran yg lebih rendah dan menghasilkan noise yg jauh lebih sedikit disbanding dengan trafo pada umumnya, hasilnya adalah suara frekuensi rendah yg lebih padat. Lalu toroid juga secara inheren memiliki perlindungannya sendiri , yg mana meiningkatkan jumlah potensi frekuensi rendah dan rectifier suara yg ikut masuk  kedalam audio.

Audio Power Amplifier Hafler P3100 direncanakan akan mulai tersedia pad amusim gugur tahun 2016 ini.

Tagged : , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Comment