Belajar Setting Sound System : Level Speaker Monitor

Belajar Setting Sound System : Level Speaker Monitor
October 05, 2015 No comment

Berapakah Tingkat SPL Yg Aman Dan Nyaman?

Seringkali kami menemukan speaker monitor yg bunyinya tidak beraturan dan asal bunyi, kebanyakan terlalu bising. Hal ini dapat menyebabkan kuping kalian cepat pegal bahkan dapat merusak pendengaran. Telinga kalian adalah aset yg sangat penting jika kalian memiliki komitmen bekerja didalam dunia sound system profesional.

Sebenarnya tidak hanya dalam aplikasi monitor panggung saja, didalam keseharian kalian harus dibiasakan mendengar musik atau suara lainnya dengan batasan yg aman dan proporsional.

Nah , berapakah nilai SPL yg tepat untuk menjaga telinga kalian tetap sehat?. Jika kalian tanyakan, kebanyakan soundman profesional berpengalaman akan menjawab diangka sekitar 80 sampai 85 dB adalah rentang yg paling baik untuk mendengarkan speaker monitor diatas panggung dikarenakan dua alasan.

Pertama, pada tingkat SPL ini memungkinkan kalian untuk melakukan pemantauan suara dalam waktu yg lama tanpa membuat kuping kalian terasa panas atau lelah bahkan melindungi kuping kalian dari kerusakan. Yg kedua adalah ,pada level volume inilah kuping kita paling “flat” merespon suara.

Jika segala sesuatu terdengar bagus pada tingkatan volume ini, maka otomatis materi juga akan terdengar sama baiknya pada tingkat tekanan suara yg lebih tinggi atau rendah.

Soundman berpengalaman tidak akan membiarkan level speaker monitor panggung mereka jauh dari angka ini.

Dengan teknologi yg sudah sangat canggih saat ini,kalian bisa menggunakan perangkat SPL meter untuk mengkalibrasi sistem speaker monitor atau menggunakan aplikasi SPL meter jika kalian menggunakan ponsel cerdas android ,iphone atau yg lainnya, hal ini sangat penting untuk kalian perhatikan karena sangat penting untuk kenyamanan pemain di atas panggung.

Perhatikanlah hal hal kecil disetiap pertunjukkan yg kalian tangani. Karena dengan menangani segala sesuatu hal dengan detil akan menghasilkan sistem tata suara yg sempurna seperti yg kalian inginkan. Belajar hal hal baru dan melakukan eksperimen menurut logika kalian,tentunya tetap berpegang pada dasar dasar ilmu sound system yg baik dan benar. Semoga sedikit ilmu ini dapat bermanfaat bagi kalian. Salam

Tagged : , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Comment