Cara Menghilangkan Suara Noise Pada Sound System

Cara Menghilangkan Suara Noise Pada Sound System
March 22, 2021 No comment

Salah satu pertanyaan yg paling sering muncul di forum pro audio adalah bagaimana cara menghilangkan suara noise sound system. Sebelumnya, pertama tama kita perlu mengetahui mendefinisikan masalahnya terlebih dahulu. Mari kita mulai.

Suara Hum.

Sebuah suara bass pada gelombang 60 Hz (siklus per detik) tanpa harmonik yg signifikan. Suaranya mirip seperti suara bergumam yg sangat dekat dengan nada B-flat rendah pada sebuah gitar bass dengan kadar treble yg dimatikan.

Suara Buzz.

Sebuah suara bising yg tipikalnya berada pada nada B-flat juga, namun memiliki banyak suara harmonik yg nadanya lebih tinggi. Suaranya mirip seperti suara yg timbul saat jari kalian menyentuh ujung colokan jek gitar yg sedang terhubung ke sebuah ampli yg menyala.

Suara Hiss.

Suara white noise yg mirip dengan suara hujan atau uap yg keluar dari sebuah ketel. Kalian dapat mensimulasikannya dengan mencoba meniup udara keluar dari mulut kalian tanpa bersiul. Ini sebenarnya adalah white-noise, bukan suara pink-noise yg biasa dipakai untuk menyelaraskan perilaku akustik sebuah ruangan menggunakan sebuah perangkat RTA ( Real Time Analyzer ).

Suara Hash.

Suara buzz berdenyut yg mirip seperti suara daging yg sedang digoreng. Kadang suaranya konstan , namun terkadang juga memiliki sebuah periode modulasi tergantung penyebabnya.

Solusi untuk kedua masalah yg pertama

Suara Hum seringgkali disebabkan oleh semacam putaran arus bumi antara dua buah alat sound system yg berbeda. Ini tipikalnya terjadi ketika kalian mencolokkan perangkat perangkat tersebut ke beberapa outlet yg ada diruangan.

Contohnya, jika perangkat amplifikasi audio dari sound system utama kalian colok ke outlet dekat panggung, sementara konsol mixer pencampuran audio dicolokkan ke outlet ruang belakang, perbedaan kecil antara tegangan arus bumi antara keduanya dapat menyebabkan hantaran arus besar mengalir kedalam jalur kabel shield dari konektor XLR kalian. Dan arus juga dapat masuk kedalam unit amplifikasi atau speaker aktif dan menyebabkab suara hum.

Cara cepat untuk mengatasi masalah ini adalah menarik sebuah kabel panjang dari perangkat amplifikasi ke outlet konsol mixer. Solusi jangka panjangnya adalah menambahkan sebuah alat Ebtech Hum Eliminator diantara saluran keluaran dari konsol mixer dan saluran masukan amplifier, yg akan memutuskan putaran arus dan menghentikan suara hum. Putaran arus bumi yg sama juga dapat mengalir antar perangkat DI box dan konsol mixer audio. Ini adalah saat yg tepat untuk menggunakan saklar ground-lift yg ada pada DI box untuk membuang suara hum.

Suara Buzz seringkali disebabkan oleh sebuah kabel audio tanpa shield yg dipakai untuk menghubungkan dua buah perangka audio yg berbeda. Contohnya, penggunaan kabel speaker tanpa shield untuk menghubungkan sebuah gitar bass elektrik atau keyboard dengan ampli panggung kemungkinan besar akan menghasilkan suara buzz yg sangat besar. Cek kembali untuk memastikan kalian tidak salah memakai kabel speaker, sebagai gantinya gunakan kabel instrumen.

Catatan : Suara buzz juga dapat disebabkan oleh pelindung arus bumi didalam sound system kalian yg lepas , ini dapat membahayakan jika kalian tidak memperhartikan tanda peringatan ini.

Solusi dua masalah yg berikutnya

Suara hiss atau desis biasanya disebabkan oleh level audio yg tidak cocok antara peralatan sound system yg saling terkoneksi. Terdapat sebuah aturan desain umum yg menyarankan kontrol level dari saluran masukan dan keluaran sebaiknya dibuka sebanyak 75 persen atau lebih.

Jadi , jika kalian melihat bagian fader geser dari sebuah konsol mixer audio ,kalian mungkin akan menemukan sebuah area sekitar ¾ dari bagian atas yg ditandai dengan tulisan Unity Gain atau 0 dB. itu adalah posisi yg bagus untuk memulai. Jika fader masukan mulai mendekati batas atas untuk mencapai level yg cukup, ni berarti kalian tidak cukup memberikan dorongan gain pra amplifikasi ( preamp ) untuk saluran tersebut.

Disisi lain, jika posisi fader saluran keluaran baru terbuka ( digeser ) sedikit agar jangan sampai memaksa amplifikasi bekerja berlebihan, kemungkinan itu tandanya ada distorsi diantara bus campuran internal didalam konsol mixer. Ketidakcocokan level seperti ini dapat terjadi setelah sinyal audio keluar dari mixer.

Contohnya, jika kalian menggunakan sebuah saluran keluaran level baris dari sebuah saluran kiriman aux untuk diumpankan ke sebuah saluran masukan level mikrofon dari sebuah kamera video, kalian akan dipaksa untuk menurunkan kontrol level keluaran aux untuk mencegah distorsi sinyal suara di saluran masukan kamera. Inilah yg biasanya menyebabkan munculnya suara hiss didalam hasil rekaman suara video.

Suara hash umumnya disebabkan oleh catu daya modus switch yg mengotori arus bumi dari sinyal audio. Sebagai contoh, banyak komputer laptop menggunakan catu daya internal jenis switch untuk menghasilkan beberapa jenis tegangan untuk bagian layar , prosesor CPU , media penyimpanan cakram dll. Seringkali kalian dapat mendengar suara hash ini ketika kalian mengganti basis frekuensi dari akses media penyimpanan data cakram.

Cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan sebuah portal USB audio eksternal seperti Whirlwind pcUSB, atau dengan menghubungkan saluran keluaran headphone 1/8 inci yg ada pada komputer kalian ke sebuah DI ( Direct Injection ) transformer terisolasi yg dirancang khusus untuk perangkat komputer seperti Radial Stage Bug.

Dengarkan secara teliti dan lakukan sedikit pengamatan, kalian dapat membersihkan sound system kalian dari gangguan suara suara noise. Dengan mengidentifikasi jenis noise yg kalian dengar akan menempatkan kalian diarah yg benar.

Tentunya, bisa saja terjadi beberapa jenis dan penyebab suara noise secara bersamaan didalam sebuah sound system yg skalanya lebih besar. Dalam situasi seperti ini, matikan semua perangkat, lalu nyalakan satu persatu secara perlahan. Ketika kalian menyalakan sesuatu dan masalah noise muncul, itu akan menjadi petunjuk awal dari biang masalahnya.

Atasi suara noise tersebut , lalu lanjutkan dengan menyalakan perangkat yg lain, satu persatu, sampai kalian menemukan sumber masalah noise lainnya. Atasi lagi dan lanjutkan sampai keseluruhan sistem bebas dari masalah dengan semua perangkat dalam kondisi menyala. Kalian sudah siap untuk memulai pertunjukan!

Demikian artikel cara mengidentifikasi dan mengatasi masalah suara noise sound system ini kami tulis dengan harapan dapat memberikan tambahan pengetahuan bagi kalian. Dukung kami dengan like dan share tulisan ini ke teman teman kalian. Salam

Tagged :

Leave a Comment