Mackie DL1608 Mixer Wireless Digital 16 Channel

Mackie DL1608 Mixer Wireless Digital 16 Channel
October 04, 2012 No comment

Garis pemisah antara teknologi mobile dan peralatan musik profesional kian mengabur, dimana perangkat IOS Apple menjadi semakin banyak digunakan bukan hanya sebagai sketchpads,namun menjadi alat profesional yang serius.Memang, dalam konteks ini mereka sering digunakan hanya sebagai pengendali saja bukan untuk proses produksi, tapi tetap saja, perubahan demi perubahan perangkat mobile kerap mengejutkan.

Mackie adalah inovator besar di dalam dunia live sound system jadi tidak mengherankan kalau mereka berdiri sejajar di antara inovator pertama yang lainnya dengan melakukan penggabungan teknologi ke tingkat selanjutnya dengan munculnya DL1608, mixer yang dikendalikan secara digital menggunakan iPad. Dan ketika Mackie mengatakan dikendalikan dengan iPad, itu berarti tidak ada fader secara fisik.Jadi itu adalah langkah inovasi yang berani, tapi bagaimana cara kerjanya?

Pertama: melihat konsep ide di balik DL1608. Para insinyur live sound sering menghabiskan banyak waktu berjalan bolak-balik ke meja, mengubah level dan memeriksa beberapa pengaturan lainnya.Mixer ini bertujuan untuk membebaskan sang soundman dari belakang meja mixing,setidaknya untuk beberapa waktu.Hal ini diterapkan dengan menempatkan hampir semua kontrol analog mixer ke dalam sebuah aplikasi iPad ( gratis untuk didownload ) dan memungkinkan aplikasi ini bekerja dengan baik ketika terkoneksi ke docking mixer atau via nirkabel. Ini adalah suatu konsep yang menarik, dan banyak para insinyur di lapangan yang memiliki iPads untuk menemani mereka ketika melakukan perjalanan yang panjang.

Perangkat keras mixer itu sendiri relatif kecil, meskipun sangat kokoh dan goodlooking saat  disatukan.Disekitar panel belakangnya anda mendapatkan 16 audio input didukung dengan mic preamps Onyx dan dengan konverter high-end Cirrus Logic. Terdiri dari 12 XLR biasa ditambah empat input combo dan tentu saja terdapat stereo output XLR,enam output jack aux sends dan headphone out dengan kontrol individual.Enam belas tombol fisik yang disediakan untuk level kontrol manual, Disediakan sebagai langkah antisipasi jika suatu saat terdapat gangguan dengan nirkabel atau iPad.

Konektivitas

Sebuah port Ethernet disediakan untuk digunakan sebagai media yang menghubungkan mixer ke router nirkabel jika anda berniat untuk menggunakan iPad sebagai kontroller nirkabel. Proses setupnya sangat mudah, dimulai dengan mendownload aplikasi Mackie Master Fader dari App Store ( semua model iPad ) dan menghubungkan mixer ke router. kemudian hubungkan perangkat iPad dengan mixer lewat docking dan setelah itu proses update firmware akan berjalan otomatis.IPad juga tetap mengisi daya sewaktu dikoneksikan ke docking. Setelah proses koneksi antara iPad dan mixer selesai terhubung ,kini kita memiliki kontrol penuh ke unit mixer
Aplikasi itu sendiri dirancang dengan detail yang baik dan rapi,respon fader sangat akurat dan lancar pada unit iPad generasi kedua.Tampilan level meter responsif dan terdapat mute dan solo pada setiap channel serta master fader yang dapat diswitch secara virtual untuk mengendalikan enam output aux serta channel reverb / delay. Aplikasi ini bekerja secara nirkabel serta ketika terhubung dan ada proses synkronisasi data singkat yang terjadi ketika anda melakukan diskoneksi iPad dari konsol mixer.Namun secara keseluruhan transisi berjalan dengan mulus tanpa hambatan.

Preset

Aplikasi ini dapat menyimpan preset dan ada beberapa default yang telah disediakan dapat dimuat ke channel manapun, Anda juga dapat menyimpan preset yang telah anda setup sendiri.Setiap channel dapat diberi nama dan gambar yang dapat langsung diambil dari kamera di unit iPad. Bayangkan ,anda bisa mengambil gambar dari masing-masing anggota band dan kemudian menempatkan gambar tersebut pada channel mixer sesuai dengan performer. Ini akan membuat proses referensi lebih mudah dan cepat,terutama selama pertunjukan. Anda juga dapat mengambil snapshot mixer dan ada fitur Recall Safe yang akan mengunci channel tertentu dari overwriting.Presets bisa diberi nama, sehingga Anda dapat dengan mudah merubah setting antar snapshot, yang berguna untuk mengingat setup untuk band-band atau lagu yang berbeda.

Faktor EQ

Tekan tombol pada jendela channel EQ dan anda membuka bagian EQ. Setiap saluran masing-masing memiliki EQ empat-band,ditambah nilai Q yang dapat disesuaikan.Anda juga mendapatkan high pass filter dan pembalik fase,beralih ke segmen bawah dari jendela EQ terdapat beberapa pilihan efek lainnya pada setiap channel.Ada sebuah gate,kompresor dengan soft dan hard knee ditambah dengan semua kontrol yang anda butuhkan.Semua fitur ini mudah untuk digunakan dan karena semua proses dilakukan dengan menggunakan DSP internal mixer, mereka tidak akan membebani kinerja iPad Anda.
Di bagian bawahnya lagi anda akan menemukan fitur reverb dan delay, dialihkan pada basis per-channel. Bagian efek reverb sendiri memiliki beberapa pilihan lagi seperti Predelay, Damping, Decay dan kontrol Rolloff bersama dengan master fader. Terdapat beberapa jenis efek Delay termasuk ping-pong dan echo tape, dan tombol kiri / kanan untuk pengaturan repeat secara manual. Ada juga kontrol Feedback dan Damping. Sekali lagi, efek ini diproses didalam mixer itu sendiri dan perangkat iPad hanya bertindak sebagai kontrol, sehingga tidak ada satu pun proses audio yang dilakukan oleh perangkat portabel. Master Fader juga dilengkapi dengan EQ grafis 31-band dengan fungsi Draw, memungkinkan Anda untuk memasukkan kurva EQ dengan tangan.

Kesimpulan

Dengan memanfaatkan aspek terbaik dari perangkat iPad yaitu touchscreen, menu dan nirkabel.sistem telah menyederhanakan proses mixing sound system dan setup ke titik yang yang lebih mudah dipahami dibanding ketika bekerja dengan kontrol fisik.
Snapshots, integrasi kamera dan rekaman audio adalah fitur hebat yang akan menjadi sangat berguna.Kami berani bertaruh,setelah anda menjajal kehebatan konsol ini,anda akan jatuh cinta.

Mixer Digital Mackie DL1608 tersedia di Indonesia dengan harga Rp 13.580.000

Hubungi kami sekarang untuk informasi harga netto

Tagged : , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Comment