Mikrofon Wireless Digital Sennheiser Seri 6000

Mikrofon Wireless Digital Sennheiser Seri 6000
November 21, 2016 No comment

Sennheiser mengumumkan penambahan produk baru kedalam rentang produk mikrofon nirkabel professional yakni Mikrofon Wireless Digital Sennheiser Seri 6000, dirancang untuk kebutuhan aplikasi produksi hidup.

Sennheiser Digital Seri 6000 menggunakan modus jarak jauh dan codec audio digital Sennheiser yg sama dengan saudaranya Digital 9000. Terdiri dari sebuah unit penerima sinyal dua kanal dalam dua pilihan, sebuah unit pemancar bodypack dan sebuah pemancar genggam bersama dengan sebuah unit pengisian daya berukuran 19 inci yg dapat dipasang di kabinet rak, Seri Digital 6000 rencananya akan mulai tersedia pada bulan Maret 2017.

“Dengan Sennheiser Digital 6000, kami menawarkan manfaat utama dari sistem Digital 9000 ke sebuah sistem yg lebih kecil dengan unit penerima dua saluran dan pemancar bodypack serta genggam. Seri ini adalah pilihan yg ideal untuk digunakan dalam perjalanan turd an perusahaan penyewaan sound system professional , ruang teater dan produksi musik , penyiaran , rumah ibadah serta pengguna korporasi yg lebih tinggi,” papar Tom Vollmers, manajer produk dari Sennheiser.

Penerima sinyal dua saluran bekerja di pita frekuensi dengan jarak 244 MHz (470 sampai 714 MHz), yg mana didukung oleh tiga versi pemancar yakni 470 – 558 MHz, 550 – 638 MHz, dan 630 – 718 MHz. Untuk sistem yg lebih besar, sampai dengan delapan unit penerima dapat saling dihubungkan tanpa perlu menggunakan pembagi antenna. Sistem multi saluran ini akan bekerja melalui satu pasang antenna saja. Tingkat keterlambatan dari sistem ini tercatat di angka 3 milidetik.

Pengalihan data bit murni membantu kualitas penerimaan sinyal, dengan menggunakan kedua jalur penerimaan dan mengkombinasikan konten informasinya menghasilkan sinyal yg optimum.

Unit penerima sinyal dari Sennheiser Digital 6000 dilengkapi dengan sebuah indicator kualitas sambungan yg membantu penggunanya untuk mendapatkan tampilan status visual dari kinerja sistem sebelum terjadi hilangnya sinyal. Dalam situasi lingkungan frekuensi radio yg sulit, sinyal seringkali mengalami gangguan sementara sampai koreksi kesalahan transmisi pun tidak sanggup lagi memperbaikinya, pada saat inilah penanganan kesalahan transmisi dari Digital 6000 diaktifkan. Fitur ini dibekali dengan algoritma cerdas yg secara otomatis mengganti sinyal yg rusak tersebut, memungkinkan sistem Digital 6000 untuk tetap belerja dengan baik dimana sistem mikrofon wireless digital lainnya gagal.

Sennheiser Digital 6000 juga memanfaatkan fitur enkripsi AES 256 untuk keamanan data.

Antarmuka yg tersemat pada unit penerima EM 3732 dirancang untuk menyediakan akses yg mudah dan nyaman bagi para penggunanya. Fungsi persiapan frekuensi otomatis dan kontrol Wireless Systems Manager (WSM) serta perangkat lunak pemantauan dimaksudkan untuk mempermudah alur pekerjaan bagi insinyur sistem pemantauan atau insinyur sinyal frekuensi radio.

Unit penerima sinyal dari Sennheiser Digital 6000 diisi dengan sebuah layar tampilan OLED berwarna putih, yg mana memberikan tampilan status kinerja dari sinyal RF, kualitas sambungan, sinyal audio, status daya, frekuensi dan enkripsi. Beberapa layar lainnya menyediakan akses cepat ke informasi lainnya, tanpa harus melakukan navigasi lewat submenu. Kondisi pengoperasian penting dan pesan kesalahan langsung ditampilkan di layar.

Digital 6000 bekerja dengan antenna UHF standar baik aktif ataupun pasif, selagi saringan pemilih frekuensi terdapat pada perangkat penerima EM 6000.

Unit pemancar Sennheiser Digital 6000 menggunakan catu daya isi ulang yg sama dengan Digital 9000. Pemancar genggam SKM 6000 dibekali kapsul standar Sennheiser dan selanjutnya dapat dikombinasikan dengan semuan jenis kepala mikrofon dari seri evolution wireless, seri 2000 dan juga seri 9000.

Pemancar bodypack SK 6000 dirancang untuk aplikasi instrument wireless seperti gitar elektrik dan bass , atau dapat pula digunakan bersama dengan mikrofon jepit Sennheiser seperti model MKE 1 ,MKE 2 dan MKE 40.

Pengisi daya L 6000 adalah perangkat rak berukuran 19 inci yg dapat digunakan untuk mengisi ulang modul daya sampai dengan empat buah sekaligus, terdiri dari dua stasiun pengisian bodypack atau dua baterai pemancar genggaman. Lampu LED tiga warna pada bagian panel depan memberikan tampilan status dari proses pengisian daya. Informasi yg lebih detail dari parameter tambahan seperti jam terbang baterai , siklus pengisian dan sisa kapasitas daya dapat diakses melalui Wireless Systems Manager.

Dikarenakan unit pemancar seri 6000 juga kompatibel dengan pemancar Digital 9000, unit pengisian daya L 6000 juga dapat digunakan untuk Digital 9000.

Sennheiser Digital 6000 telah dirancang untuk terintegrasi secara mulus kedalam infrastruktur sistem  digital atau analog. Penerima EM 6000 diisi dengan sebuah keluaran audio digital AES-3, keluaran analog seimbang XLR-3 berkualitas tinggi dan keluaran jek ¼ inci (6.3 mm). Versi Dante dari unit penerima menawarkan konektor tambahan Amphenol RJ-45 untuk proses integrasi ke jaringan audio Dante.

Mikrofon Wireless Digital Sennheiser Seri 6000 juga kompatibel dengan Digital 9000 dalam modus jarak jauh , selain itu modul pemancar seri 6000 dapat juga digunakan bersama modul penerima kamera EK 6042.

Tagged : , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Comment