Mixer Audio Digital 32 Channel Mackie DL32R

Mixer Audio Digital 32 Channel Mackie DL32R
October 20, 2014 No comment

Perkembangan teknologi dalam ndustri pro audio akhir akhir ini membuat pabrikan peralatansound system Mackie tertantang untuk menelurkan sebuah Mixer Audio Digital 32 Channel Mackie DL32R ,sebuah sistem pencampuran yg sepenuhnya dikontrol secara nirkabel ,dibekali dengan fungsi  DSP penuh dan kemampuan recording/playback multi trek lewat aplikasi iPad Mackie’s Master Fader .

Mackie DL32R menawarkan performa unik yg menggabungkan kemudahan pengoperasian dan koneksi input dan output professional dalam sebuah desain rangka berukuran 3U. Disetiap saluran input darinya (24 XLR, 8 XLR/TRS kombinasi) membawa preamp mikrofon Onyx+ hasil pengembangan dari tim R&D Mackie,dengan fungsi remote untuk kontrol gain dan phantom power dari preamp.Preamp Onyx+ yg baru ini telah melampaui kinerja dari desain Onyx generasi pertama.

“Kalian akan mendapati respon frekuensi yang kesemuanya mampu turun sampai ke 20 Hz pada setting gain di kisaran 1 dB,” tambah Ben Olswang yang adalah majaner produk senior dari Mackie. “Gangguan noise dijaga agar tetap minimal pada semua tingkatan setting gain, dan bukan hanya tentang minimal dan maksimal seperti semua mixer digital pada umumnya.Mackie DL32R dirancang dengan standar kekuatan untuk aplikasi live sound profesional,Setiap langkah perubahan gain dari DL32R tidak menimbulkan suara.”

Aplikasi Master Fader sepenuhnya mampu mengatur semua kontrol fisik yg terdapat di unit mixer, tersedia 14 saluran output XLR untuk digunakan sebagai output monitor atupun matriks. Bagian depan dari panel jga memiliki saluran output digital AES untuk digunakan bersama dengan speaker yg sudah memiliki prosesor didalamnya. Output monitor stereo yg tersedia secara mandiri ,ideal untuk difungsikan sebagai sumber sinyal bagi sistem in-ear monitor untuk para musisi diatas panggung.

“Pada awalnya, kami percaya bahwa Mackie dapat memberikan keuntungan bagi par pengguna jika kami bisa melakukan inovasi dari pengoperasian sistem yg tradisional,” ucap Olswang. “Dengan membawa semua fungsi pada mixer lalu menjadikannya mampu diakses secara nirkabel,kami kini sukses menghadirkan sistem mixer nirkabel yang sebelumnya belum pernah kami miliki.”

Fitur kontrol secara nirkabel yg lengkap menggunakan aplikasi Master Fader untuk iPad menghilangkan kebutuhan akan panggung front of house .Mixer ini sangat kompak untuk ditempatkan pada posisi manapun di sekitar area panggung sesuai dengan keinginan pengguna.Hal ini membuat para operator sound system tidak memerlukan perangkat snake kabel tradisional yg rumit.Pengguna dapat melakukan fine tuning langsung dititik yg bermasalah dan melakukan kontrol langsung pada sistem pemantauan panggung atau melakukan pencampuran pada unit monitor dari setiap personil band.

mackie-master-fader-app

Sebagai tambahan,beberapa operator dapat bekerja sama dalam mengatur sistem mixer digital Mackie MDL32R secara nirkabel menggunakan perangkat iOS mereka masing masing, termasuk operator sistem monitor panggung dan para pemain musik yang ingin mengatur pencampuran mereka  masing masing. Operator utama dapat membuat batasan perimeter akses kepada unit kontrol tambahan,hal ini dimaksudkan agar sistem utama tetap aman dari setiap perubahan setting yg tidak diinginkan.

Mixer Mackie DL32R juga menyediakan dua metode untuk fasilitas rekaman multi trek dan pemutaran ulang yg fleksibel. Metode yg pertama adalah secara langsung ke media penyimpanan USB drive, yang memiliki kualitas resolusi audio 48 kHz, 24-bit, dengan platform 24 input dan 24 output yang akan segera diekspansi menjadi 32 x 32 melalui update firmware yg tersedia gratis.

“Dengan hanya menghubungkan drive USB yg berisi media audio langsung ke unit Mackie DL32R lalu kamu bisa mengontrolnya dari manapun yg kamu suka,” jelas Olswang. “Ini adalah metode operasi yg menakjubkan untuk melakukan kontrol terhadap backing trek dan intermisi sekaligus merekam pertunjukan yg sedang berlangsung ,daripada harus bolak balik mengoperasikan sistem perangkat rekaman digital yg terpisah”

Sebuah soundcard USB 2.0 tersedia untuk memfasilitasi perekaman digital dan playback 32 x 32 yang dapat dikoneksikan langsung dengan berbagai platform DAW, umumnya sangat berguna pada aplikasi studio dan panggung rehearsal. Kedua metode tersebut menawarkan kemampuan perekaman untuk format band lalu digunakan kembali sebagai materi untuk melakukan sound check secara virtual pada acara yg berikutnya.

Mixer Mackie DL32R dibekali dengan teknologi DSP yg menghilangkan kebutuhan akan sistem rak pengolahan sinyal tradisional. Setiap dari ke 32 saluran input diberikan EQ parametrik 4-band dengan penyaring high-pass ,gate dan kompresor yg terpisah. Empat buah saluran return memberikan tambahan fungsi EQ dan kompresi yg lebih fleksibel.

Setiap dari 14 saluran aux send, enam bus matrix dan saluran output utama L/R juga dlengkapi dengan EQ parametrik 4-band, 31-band EQ grafis,sebuah kompresor limiter dan delay.Keenam  subgroup juga memiliki EQ dan kompresor.

mackie-dl32r

Setiap prosesor menawarkan pilihan karakter Modern dan Vintage. Tiga prosesor efek yg terpisah dengan fitur send mandiri memungkinkan penggunaan dua reverb dan satu delay dengan kontrol  tap secaara simultan. Enam VCA dan enam Mute Grup melengkapi sistem pemrosesan.

“Hanya mixer DL32R yang menyediakan fitur pencampuran profesional seperti VCA, subgrup dan channel matriks pada titik harga ini,” ujar Olswang. “Dan tidak satupun dari fitur tersebut yg diturunkan kualitasnya .Setiap input dan output memiliki semua teknologi pemrosesan audio yang kalian butuhkan untuk aplikasi profesional.”

Akhirnya ,aplikasi Mackie Master Fader untuk iPad menawarkan kemampuan kontrol nirkabel yg lengkap,memberikan akses navigasi cepat dan semua fungsi untuk melakukan pencampuran pada ke 32 salurannya.

“Salah satu fitur yg paling dahsyat dari Master Fader adalah fitur tampilan grup user-definable,” tegas Olswang. “Dengan memilih salah satu saluran dari keenam tampilan grup ,pengguna dapat dengan mudah membuat grup seperti drum, gitar atau vokal .Ini berarti anda tidak perlu lagi menggeser jendela atau mengingat bank mana yg harus dipilih. Semua yg anda butuhkan untuk proses gruping ada disini.”

Master Fader dibekali dengan preset pabrikan yang akan sagat berguna bagi pengguna pemula atau sebagai kerangka dasar yg sempurna untuk memulai perkerjaan mixing dengan sedikit penyesuaian tergantung dengan aplikasi yg dibutuhkan.Pengguna juga dapat membuat preset mereka sendiri,meringkas dan meminimalisir proses setup ketika bekerja dengan aplikasi yg umum.

Preset dapat dibagikan secara online via email atau aplikasi penyimpanan cloud Dropbox. Dengan pembaruan secara berkala dan simpel dari App Store, Master Fader akan secara konstan terbarukan.

“Bersama dengan Mixer Digital Mackie DL32R, anda dapat menikmati semua keunggulan dari teknologi digital dan fleksibilitas kontrol darimanapun.Kebebasan untuk mencampur sesuai dengan keinginan anda dan mencapai hasil yg menguntungkan bagi semua audiens,” ucap Olswang menyimpulkan.

Mixer Audio Digital 32 Channel Mackie DL32R akan mulai tersedia di seluruh dunia pada kuartal ke empat tahun ini dengan harga jual estimasi $2499.99 atau sekitar IDR 30.000.000 untuk wilayah penjualan Amerika.

Tagged : , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Comment