Mixer Audio Digital Roland M5000

Mixer Audio Digital Roland M5000
November 05, 2014 No comment

Divisi Pro AV dari Roland hari ini meluncurkan sebuah Mixer Audio Digital Roland M-5000 berformat besar yang merupakan produk pertama dari perusahaan yg mengadaptasi platform teknologi O.H.R.C.A.

Apa itu O.H.R.C.A.? O.H.R.C.A adalah kependekan dari “Open High Resolution Configurable Architecture” yang merupakan teknologi terbaru milik perusahaan yg didesainuntuk memenuhi kebutuhan berbagai aplikasi dan tuntutan operator dengan menyajikan kemampuan jalur audio yang dapat diatur dengan sesuka hati, antarmuka pengguna dan alur kerja yg fleksibel, protokol yang dapat diekspansi serta pilihan In/ Out multi format,semuanya dibangun dengan kualitas suara beresolusi 96 kHz.

Sebagai hasilnya, arsitektur internal dari Mixer audio Roland M-5000 yang baru ini menjadi tidak permanen dan dapat secara bebas diatur kembali untuk memberikan kebebasan bagi operator audio untuk membangun kerangka sistem nya sendiri sesuai dengan kebiasaan dan keperluan dilapangan. Jalur audio yg bebas untuk dikonfigurasi dapat anda temukan disaluran pencampuran, aux, matriks, bus subgroup, bus mix minus dan saluran input/output lainnya sampai dengan total penanganan sebanyak 128 saluran.

Tekonologi O.H.R.C.A membuat konsol mixer audio menjadi fleksibel untuk mengakomodir berbagai macam aplikasi penggunaan. Fungsi yang paling umum adalah aplikasi pemantauan panggung ,dimana banyak saluran aux diperlukan.Disaat yg sama juga nyaman untuk digunakan dalam aplikasi home studio, FOH pada acara turing, musik live, teater, penyiaran dan banyak lagi yg lainnya.

Sebagai tambahan,dua buah port REAC pun disediakan, mixer Roland M-5000 memiliki dua saluran kartu ekspansi untuk mendukung berbagai macam rentang konfigurasi sistem dan protokol audio seperti Dante, MADI, Waves SoundGrid, dan tambahan port REAC, juga mendukung pembaruan fungsi dan format dimasa yg akan datang.

Panel belakang terdiri dari input / ouput analog 16 x 16, 4 x 4 AES/EBU, sebuah modul soundcard USB 16 x 16, koneksi untuk kontrol remote via perangkat tablet iPad menggunakan kabel ataupun secara nirkabel, dan port kontrol lainnya seperti foot switch, GP I/O, RS-232C dan MIDI. Semua fitur ini memberikan kemampuan untuk menangani sampai dengan total 300 input dan 296 output, yg kesemuanya berjalan di resolusi 96 kHz sampai dengan 48 kHz.

Lanjut lebih jauh, kemampuan patch memungkinkan satu sumber input di patch langsung ke satu atau lebih output tanpa harus menggunakan saluran pencampuran.

Alurkerja yg fleksibel dari mixer Roland M-5000 ini membuat para pengguna dapat mengadaptasi sistem yg biasa mereka gunakan lalu mengaplikasikannya disini .Sebuah layar sentuh berwarna dengan ukuran 12-inci, 28 fader dalam empat grup,knob dan tombol multifungsi, fungsi “tekan dan putar” , dan seksi yg bebas untuk dikonfigurasi sesuai dengan keinginan pengguna membuat proses mixing menjadi cepat dan akurat.

Tampilan visual dari setiap saluran dan pengaturan lainnya memanfaatkan teknologi warna organik yg terang untuk visibilitas maksimal dalam berbagai kondisi pencahayaan. Seksi pengaturan pengguna terdiri dari empat buah enkoder dan delapan buah tombol yg tersusun dalam tiga baris yg menyediakan akses cepat ke berbagai fungsi yg telah disematkan.

Mixer Roland M-5000 hadir dengan perangkat lunak remote kontrol untuk sistem operasi Mac dan Windows.Didesain untuk dapat mengakses dan menjalankan semua fungsi dari konsol mixer audio, yang menampilkan antarmuka dan jendela seperti GUI yg tertanam di unit mixer. Aplikasi ini memungkinkan beberapa jendela pengaturan dipisahkan dan dikecilkan,menghasilkan sebuah  pengalaman mixing yg menyenangkan dan fleksibel ,apalagi untuk memantau monitor panggung yg sedang digunakan.

Resolusi audio 96 kHz dengan preamp mikrofon yg tertanam didalam konsol,berikut dengan baris produk pelengkap snake digital dari Roland,membantu anda mendapatkan hasil reproduksi suara berkualitas tinggi dari ujung ke ujung. Sebuah saluran pencampuran dapat diisi dengan tiga sumber masukan yaitu masukan utama, backup channel, dan satu untuk pemutaran ulang / rekam. Setiap saluran juga dibekali EQ parametrik 4-band ,dua prosesor dinamik yg dapat diatur di posisi pre atau post EQ,FX delay dan yg lainnya.

Roland M-5000 menyediakan delapan prosesor stereo multiefek dengan berbagai pilihan efek yang terkenal,termasuk efek klasik dari Roland seperti efek pedal Boss.32 saluran EQ grafis 31-band atau EQ parametrik 8-band dapat digunakan secara bersamaan dan bukan merupakan alokasi dari prosesor efek. Output utama mendukung format iutput 5.1, LCR, LR, ditambah dengan panning surround dan downmix stereo juga tersedia didalam konfigurasi mixer.

Keluarga produk besutan dari Roland Pro Audio seperti snake digital dan personal mixer, semuanya bekerja dengan baik bersama dengan platform yg baru ini. Hal ini berarti konsol mixer M-5000 dpaat digunakan bersama dengan ribuan sistem yg telah tersebar di seluruh dunia.

Sebagai tambahan, aksesoris pelengkap yg disebutkan di atas selelu mendukung modus operasi 24-bit/96kH, menyediakan kemampuan penggandaan sampling secara otomatis hanya dengan mengganti unit mixer Roland M-400 atau M-480 dengan model M-5000.

Perangkat player dan recorder 48 channel Roland R-1000 hadir melengkapi sistem mixer audio digital Roland M-5000 ini dengan kemampuan untuk memutar dan merekam trek sebanyak 48 saluran sekaligus.

Tagged : , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Comment