Mixer Digital DiGiCo SD12

Mixer Digital DiGiCo SD12
February 01, 2017 No comment

DiGiCo memperkenalkan Mixer Digital DiGiCo SD12, sebuah konsol pencampuran audio digital kompak yg memanfaatkan teknologi Super FPGA yg terbaru. Mixer audio digital ini tengahdipamerkan pada ajang NAMM minggu ini di Anaheim.

Mixer DiGiCo SD12 memiliki 72 saluran masukan audio, 36 saluran bus aux/grup , 12 x 8 saluran matriks ,bus LR/LCR yg kesemuanya didukung dengan pemrosesan penuh , 12 unit stereo FX , 16 penyelarasan EQ grafis, 119 EQ dinamika, 119 kompresor multiband dan 119 DiGi-TuBes, 12 kontrol grup (VCA) dan perangkat lunak Stealth Core 2 Seri SD, membuatnya kompatibel dengan sesi Seri SD lainnya.

DiGiCo SD12 juga dilengkapi dengan layar sentuh 15 inci ganda yg dapat kalian temukan pada model SD7 dan SD5 yg menyediakan tampilan 24 saluran, modus dual operator dan kemampuan untuk menjadikan layar sebelah kanan untuk menjadi master, tentunya dengan konektivitas canggih via kartu DMI opsional.

Kontrol EQ dan dinamika terdapat pada kedua layar kiri dan kanan, jadi posisinya terlihat jelas sewaktu pengguna melakukan penyelarasan EQ. DiGiCo juga turut menyertakan teknologi Hidden Til Lit (HTL),dengan dua penyimpanan yg terdiri dari 24 enkoder yg dilengkapi dnegan lampu berbentuk cincin berwarna RGB dan tentunya garis saluran atau chanel strip bergaya SD7 dengan enkoder HTL EQ.

Terdapat juga meteran Dinamika yg baru pada bagian garis saluran atau chanel strip dan meteran sinyal intensitas tinggi yg terasosiasi dengan fader geser. Tombol knob putar berwarna HTL yg duduk dibawah layar mengindikasikan parameter mana yg sedang berfungsi untuk operasi yg cepat dan nyaman.

Meteran reduksi gain tambahan umumnya hanya ada pada model SD7 dan SD5 serta meter yg menunjukkan aksi fitur gate membuat setiap indikator kinerja dari setiap fitur tidak tertandingi pada titik harga ini.

Ada juga sebuah bagian master yg dapat diperalihkan pada bagian kanan bawah panel alur kerja, dan dua fader yg juga dapat diperalihkan dengan tampilannya masing masing serta meter yg dapat ditetapkan ke saluran manapun baik saluran masukan maupun keluaran , atau kontrol master solo.

Barisan kotak RGB yg terdiri dari lima kotak kecil tersendiri dapat ditetapkan ke fungsi makro dengan lima bank yg memberikan total sebanyak 25 fungsi makro, dan terdapat panel snapshot untuk akses cepat ke fungsi kontrol daftar snapshot yg tersimpan.

Pada bagian panel belakang konsol , terdapat delapan buah saluran masukan mikrofon/baris lokal, delapan keluaran baris lokal dan delapan saluran masukan dan keluaran sinyal audio digital AES/EBU, dua buah portal MADI ditambah sebuah koneksi USB MADI untuk fungsi perekaman audio 48 saluran dengan kualitas 48 kHz dan 24 saluran pada nilai clock 96 kHz.

Terdapat dua sisipan untuk kartu DMI. Pilihannya terdiri dari sebuah modul Dante , yg mana dapat dicolok langsung kebagian belakang dari konsol. Sebuah modul Waves juga dapat digunakan untuk mendapatkan keuntungan dari platform SoundGrid. Terdapat sekumpulan besar kartu DMI yg dapat dihubungkan dengan SD12, yg mana dapat dipertukarkan tergantung kebutuhan proyek atau tur yg sedang dikerjakan.

Dan DiGiCo SD12 memiliki serangkaian opsi kontrol remote, mulai dari aplikasi iPad SD remote yg menawarkan fungsi kontrol secara remote , ekspansi dan kontrol kinerja. Piranti lunak offline yg memungkinkan pengguna untuk melakukan persiapan sesi dan kontrol remote ketika online. Ada juga protokol jaringan OSC dan Ross ,GPIO 16 pin yg memungkinkan fungsi audio mengikuti video dan kontrol pertunjukan , Serial/MIDI in/out untuk MMC/MTC, MIDI remote dan QLab untuk fasilitas mirroring atau klon konsol kedua dan kehandalan performa.

Terakhir , terdapat opsi untuk melakukan upgrade langsung kedalam jaringan Optocore dengan dua opsi loop, memungkinkan mixer DiGiCo SD12 untuk ditempatkan dimana saja dalam sebuah loop bersama produk SD lainnya yg mendukung Optocore.

“DiGiCo SD12 telah membuat heboh dunia sound system professional di seluruh dunia, dengan lebih dari 30 distributor sistem tata suara yg mengambil bagian dalam peluncurannya,” ungkap direktur manajer DiGiCo ,James Gordon. “DiGiCo SD12 membawa semua nilai nilai utama DiGiCo dan membenamkannya kedalam sebuah format mixer digital yg kompak dan efektif dari segi biaya dengan fungsi kontrol dan kemampuan yg tak tertandingi saat ini. Mixer digital ini ideal bagi para operator sound system yg membutuhkan kualitas audio yg terbaik , dikombinasikan dengan sebuah antarmuka intuitif dan alur kerja multi layar yg responsif.”

Sampai artikel Mixer Digital DiGiCo SD12 ini diterbitkan, belum ada informasi pasti mengenai ketersediaan dan harga jual dari unit ini di region Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan berlangganan berita terbaru secara gratis di situs resmi kami. Salam

Tagged : , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Comment