Mixer Digital LAWO mc²36

Mixer Digital LAWO mc²36
January 03, 2021 No comment

Dalam debut perdananya yang disiarkan secara live dari Jazz Club Karlsruhe, yg berjarak hanya beberapa menit dari markas perusahaan yang berada di Rastatt, Jerman, Lawo mengungkap dua tambahan terbaru kedalam baris produk mixer sound system “Fase ke II” dari mesin audio A__UHD Core dan generasi penerus konsol pencampuran audio digital LAWO mc²36.

Kedua produk didesain untuk menyalurkan daya keluaran maksimal memanfaatkan ruang kerja, bobot dan kebutuhan daya listrik yang minimal. Inti konsol natif IP A__UHD Core adalah perangkat inti LAWO yang baru untuk konsol mixer audio mc² dan menyalurkan daya penanganan sampai dengan 1,024 saluran pemrosesan audio dari sebuah perangkat berukuran hanya 1Urak standar 19 inci. Perusahaan menjelaskan bahwa alat sound system ini menyediakan kemampuan kinerja yg sebelumnya membutuhkan daya 5 kali lipat dan ruang rak 10 kali lebih besar.

mixer-digital-lawo-mc%c2%b236-tampak-sampingMixer digital LAWO mc²36 yang baru menggandakan jumlah saluran pemrosesan sinyal audio digital DSP dibanding dengan model awalnya, serta memperkenalkanj sebuah versi 16-fader geser yang lebih ringkas dalam bentuk mc² yang terkecil yg pernah ada. Dan sebuah fitur baru, IP Easy, dirancang untuk membuat pengaturan perangkat jaringan IP menjadi lebih simpel dan lebih intuitif.

“UHD adalah singkatan dari ultra-high density yang artinya kepadatan tingkat tinggi,” jelas  Christian Struck, manajer produk senior dari Lawo divisi Audio Production. “Dan sesuai dengan namanya. A__UHD Core mengkombinasikan ukuran format yang minimum dengan performa yang maksimal. Mempunyai segala sesuatu yang dibutuhkan dari sebuah konsol mixer audio untuk produksi live, termasuk 1,024 saluran dengan algoritma pemrosesan bertaraf mc², sekumpulan set dari pemantauan matriks, campuran turunan dan campuran upmix, dan siap untuk format audio generasi selanjutnya seperti Dolby Atmos dan MPEG-H. Mengusung daya kinerja sistem yang dulunya membutuhkan 7 sampai 10 RU menjadi hanya 1 ruang rak saja ; berbobot hanya 7 kg dibanding dengan 20 sampai 25 kg dari inti konsol mixer tradisional. Yang lebih menakjubkan adalah, mixer digital ini hanya mengkonsumsi daya listrik sebesar 220 watt.”

lawo-uhd-a-coreLAWO A__UHD Core adalah sebuah alamat IP natif, dirancang untuk bekerja dengan jaringan IP dan menangani perangkat perangkat jaringan. Contohnya, jika didasari oleh standar terbuka penuh seperti ST2110-30/-31, AES67, RAVENNA, Ember+ dan NMOS. Dan didesain untuk kedua operasi 48 kHz dan 96 kHz.

“Mulai saat ini,” kata Struck, “A__UHD Core akan menjadi sumber daya dibalik semua konsol pencampuran audio LAWO mc².”

“Ketika kami memperkenalkan mixer audio digital mc²36 pada tahun 2014, faktor bentuknya yang kecil dan titik harganya dengan cepat membuatnya menjadi favorit para pelanggan yang sebelumnya belum bisa kami layani – tempat seperti rumah ibadah, sanggar pementasan seni atau truk OB kecil – dimanapun sebuah mixer digital live berukuran kecil yang kuat dibutuhkan,” kata Lucas Zwicker, manajer produk teknikal senior dari divisi Audio Production LAWO.

“Kemampuan baru yana ada didalam mc²36 menyediakan sesuatu yang belum pernah ada bagi para pelanggan yang membutuhkan sebuah mixer digital nerukuran kecil — sebuah mixer audio yang secara natif mendukung jaringan protokol IP, dengan daya pemrosesan DSP yang luar biasa dan konektivitas I/o yang komprehensif. Lebih jauh, konsol pencampuran audio yang baru ini tidak hanya menyediakan konektivitas IP yang terbaik di kelasnya, namun juga saluran masukan mikrofon dan saluran keluaran audio bertaraf Lawo, dan juga AES3 dan sebuah portal MADI untuk peralatan sound system terdahulu.

“Dengan menambahkan A__UHD Core kedalam mc²36 berarti semua pengembangan di masa yang akan datang akan terjadi didalam satu buah platform dan Lawo akan terus menyediakan kompatibilitas berkas produksi di antara semua konsol konsol mc². Bayangkan saja kemungkinannya… sebuah berkas produksi dari sebuah konsol mc²36 dapat dipakai pada sebuah konsol mc²96 untuk post produksi ! Platform A__UHD Core membuka pintu untuk banyak pengembangan yang sangat keren. Ini adalah tingkat performa yang baru sepenuhnya” adds Zwicker,

Pengembangan “Phase II” dari A__UHD Core menyertakan fungsionalitas IP Easy yang baru, dirancang untuk membuat persiapan pengaturan alamat IP semudah menangani peralatan analog. IP Easy menyederhanakan manajemen perangkat IP, yang mana membuat penghubungan antar saluran i/o perangkat audio sesimpel basis pita. Konsol secara otomatis mendeteksi perangkat baru dan membuatnya tersedia dengan menekan stau tombol. IP Easy juga mengatur alamat alamat IP, rentang multicast dan VLAN, serta menyediakan fitur keamanan seperti kontrol akses dan karantina perangkat asing untuk melindungi jaringan utama kalian.

Christian Struck menyimpulkan : “Lawo selalu dikenal akan inovasi dan performanya, serta kehandalan maksimal dan ketahanannya. Bersamaan dengan perkenalan paket piranti lunak untuk  A__UHD Core dan mixer sound system digital mc²36, para insinyur sistem tata suara professional akan menikmati daya kinerja, fleksibilitas dan kemudahan pemakaian yang sangat luar biasa. Arsitektur berbasis piranti lunak yang fleksibel ini adalah platform dari berbagai pengembangan baru yang akan segera diluncurkan.”

Tagged : , ,

Leave a Comment