“Panduan” Mixing Sound System

“Panduan” Mixing Sound System

“Panduan” Mixing Sound System

Artikel ini dimaksudkan sebagai suatu bentuk “sindiran” dan tidak perlu ditanggapi terlalu serius. Dengan mengikuti salah satu cara dibawah ini akan memberikan kalian sakit kepala yg luar biasa pada keesokan harinya!

Langkah pertama : Persiapkan sesi kalian dan belilah es kopi yg dingin.

Langkah kedua : Naikkan semua fader yg ada dalam peralatan sistem tata suara kalian pada posisi 0 dB dan semua EQ dalam posisi rata. Seruput bir kalian sebelum menaikkan fader saluran drum yg ada di konsol pencampuran.

Langkah ketiga : Pada saat saluran drum kalian terdengar “hancur berantakan” , gelas bir kalian seharusnya sudah habis terminum.

Langkah keempat : Sebelum memulai saluran pengecekan bass, tuang gelas bir berikutnya dan tenggak whisky untuk berjaga jaga. Kami sangat merekomendasikan jenis jack d atau chivas atau merk lainnya.

Langkah kelima : Setelah saluran instrumen ritem “berbunyi dengan baik ” bersama , dan EQ dari bass drum dan gitar bass cukup menyenangkan, tenggak gelas keempat dari tequila kalian, karena tidak ada jalan lain untuk kalian keluar dari situasi ini tanpa paling tidak dua tenggakan tambahan lagi.

Langkah keenam : Ketika kalian sudah terbiasa dengan fakta campuran audio kalian kini berputar putar, naikkan fader dari saluran gitar kalian. Pada titik ini kalian akan menemukan bahwa saluran gitar tersebut memerlukan penyesuaian (karena masalah intonasi dan waktu tempo mereka) dan ternyata berhasil “terkoreksi dengan sendirinya”.

Langkah ketujuh : Pinggirkan botol tequila yg sudah kosong, suruh si artis diam selagi kalian melakukan pencampuran, dan naikkan saluran gitar akustik dan piano. Pastikan kalian tidak mendapatkan masalah fase antara sistem speaker monitor kiri dan kanan, dan cari tau siapa yg menambahkan monitor lainnya di kanan dan kiri studiomu.

Langkah kedelapan : Pada titik ini seharusnya kalian telah kehabisan stok minuman yg kuat, dan mulai mencari minuman yg lebih ringan seperti Bintang dan Anker milik istrimu. Dan juga pastikan untuk mengambil sebotol topi miring yg kalian tidak pernah yakin itu untuk apa, dan kembalilah ke ruang kontrol. Biasanya kalian akan menemukan bahwa sepanjang lorong berubah menjadi tidak lurus.

Langkah kesembilan : Sekarang adalah waktunya untuk mulai bekerja dengan saluran vokal. Sejak proyek ini ditujukan untuk pasar siaran radio, pastikan untuk menghapus semua saluran trek vokal dan lakukan overdub bagian instrument kazoo kalian yg terbaik sebagai penggantinya.

Langkah kesepuluh : Minta asisten kalian untuk membeli sebotol vodka ditoko minuman terdekat. Jika asisten kalian menatap balik ke kalian dengan tatapan kosong, mengeong lah dua kali dan lap mukanya dengan telapak tangannya, segera pecat dia dan ambillah botol topi miring kalian.

Langkah kesebelas : Mulailah menambahkan efek dan mulai mencari celana kalian. Reverb, delay, dan koreksi nada dapat menjadi sangat efektif dan mungkin dibutuhkan untuk menutupi fakta bahwa setiap 30 detik dari lagu yg sedang dimainkan telah digantikan oleh lagu “Danny Boy”.

Langkah kedua belas : Undang klien kalian untuk mendengarkan hasilnya. Pukul mukanya , cium pacarnya , minum air dari ornament lampu lava dan pingsan disudut dekat subwoofer mu.

Hasil akhir : Sebuah campuran final yg sukses sebelum intervensi dan sebuah “pengalaman yg menyenangkan untuk berpindah ke tempat tinggal yg terpencil”.

“Panduan” Mixing Sound System ini memang sedikit absurd dan gak jelas , namun memang itulah yg akan kalian dapatkan jika tidak mempersiapkan suatu pekerjaan sound system yg tepat pada tempatnya. Salam

Tagged : , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Comment