Sistem Line Array 3 Way Next Pro Audio LA212X

Sistem Line Array 3 Way Next Pro Audio LA212X
October 17, 2013 No comment

Pabrkan sound system professional Next Pro Audio asal Portugal telah memperkenalkan speaker line array terbaru milik mereka yaitu LA212X , hadir dengan desain 3 way horn loaded , elemen line array aksial simetris yang menyediakan pola cakupan dispersi suara konstan 90 derajat horisontal . Menghasilkan sebaran suara yang simetris dan hampir identik secara akustik baik dibagian sebelah kanan dan kiri serta memberikan  akurasi suara yang sangat baik .

Pada bagian bass menggunakan dua buah woofer neodymium 12 inci dengan kumparan suara 3 inci yang secara strategis ditempatkan di kedua sisi speaker dalam susunan dipolar horn . Mulut horn secara horizontal dibagi menjadi 2 dengan jarak yang telah di hitung secara presisi menggunakan efek Tuned Dipolar Array untuk mencapai kontrol frekuensi bawah yang luar biasa dengan dispersi horisontal tertentu hingga nominal frekuensi dapat tetap dipertahankan sampai 280 Hz .

Bagian frekuensi tengah dan tinggi juga juga berdesain horn loaded , speaker koaksial dipasang di tengah kabinet , berfungsi untuk memperluas kontrol directivity vokal low dan memberikan transisi mid / high yang halus.

Horn frekuensi tengah menggunakan driver 10 inci yang terpasang secara koaksial di belakang driver frekuensi tinggi , dirancang dengan ilmu perhitungan matematika yang sangat kompleks , perangkat kontrol directivity menghilangkan “bayangan” akustik dari bagian HF , Karena driver memiliki diameter fisik 10 inci yang merupakan sesuatu yang mustahil untuk terbebas dari interferensi suara, sumber gelombang suara yang berdekatan pada frekuensi  tertentu membutuhkan crossover dengan driver HF ( High Frequency ), maka dari itu perangkat pemisah gelombang audio yang layak dikembangkan .

Wave Splitter menyebabkan driver 10 inch untuk bekerja secara identik,berdekatan driver 5 inci yang terpasang pada jarak setengah dari ukuran fisik . Jarak antara driver virtual yang cukup berdekatan dengan pasangan koherennya dalam bidang vertikal menciptakan perpanjangan batas frekuensi atas, memproyeksikan gelombang suara lebih jauh dibanding dengan sistem tradisional biasa dengan pola output suara yang lebih merata .

Selain itu, pada bagian frekuensi tengah menggunakan “Perangkat Koreksi Phase” yang menyetarakan pergerakan akustik dari konus speaker dan dengan demikian meminimalkan cancellation frekuensi tinggi dan distorsi yang disebabkan oleh perbedaan fase ,fitur ini secara signifikan meningkatkan kemampuan speaker untuk memproduksi suara yang jelas, akurat dan , realistis . Perangkat ini dan horn yang terkait dioptimalkan untuk menciptakan rasio kompresi yang tinggi yang menaikkan konversi efisiensi hingga mencapai nilai sensitivitas 115 dB pada 1W/1m.

Bagian frekuensi tinggi terdiri dari dua buah driver kompresi HF 1.4 – inci dengan kumparan suara 2,5 inci dipasang ke perangkat pembentuk gelombang khusus . Unit ini dirancang dengan seksama sehingga setiap jalur dari buntut sampai ke setiap bagian mulut dari horn dapat identik, yang menghasilkan frekuensi tinggi yang akurat dan datar ,sebuah iosphasic wavefront .

Gelombang suara lalu keluar dengan slot difraksi ke modul waveguide yang lalu menyebar secara merata di seluruh bidang horizontal , menghasilkan gelombang silinder yang koheren , dengan lobing yang minimal, sementara secara vertikalnya tetap menyebar dengan seragam  .

Untuk menjaga kemurnian akustik dan kehangatan yang alami , semua horn,waveguide dan korektor fase terbuat dari material kayu lapis berresonansi rendah atau polimer akustik yang netral . Transduser secara eksklusif dibuat oleh B & C Speaker Italia .

Kabinet terbuat dari kayu lapis Birch asli Baltik dan memiliki tekstur berwarna hitam . Bagian depan kabinet dilindungi oleh logam kokoh, bagian samping dan panel belakang memiliki empat pegangan . Dua konektor Neutrik NL8 secara paralel terpasang di bagian belakang.

Tagged : , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Comment