Sistem Speaker Line Array Modular NEXO STM ( Scale Through Modularity )

Sistem Speaker Line Array Modular NEXO STM ( Scale Through Modularity )
December 22, 2013 No comment

Pada ajang Prolight + Sound tahun ini di Frankfurt,para attendant berkesempatan melihat beberapa pengenalan produk baru dari pabrikan ternama dalam industri sound system profesional NEXO , peluncuran ini lengkap mencakup semua aspek penguatan suara ,networking , amplifikasi dan sistem pengolahan signal audio, dan yang paling penting , penampakan pertama Sistem Loudspeaker Line Array NEXO Seri STM yang paling baru.

Seri STM adalah proposisi baru dari NEXO untuk sistem tata suara touring dan perusahaan rental modern, scalable line array modular pertama yang ada di pasar . Hasil penggabungan konsep dari fitur fitur terbaik dari NEXO Alpha dengan inovasi teknis desain Waveguide NEXO GEO untuk memberikan sebuah solusi sistem yang bersifat super kuat , super fleksibel dan mudah untuk dioperasikan , dan mungkin akan menjadi sebuah sistem benar benar membuat pemiliknya sangat beruntung !.Scale Through Modularity ( STM ) adalah garis terdepan dari produk NEXO , menggambarkan kemampuan STM untuk menjangkau skala besar atau kecil sesuai dengan kebutuhan penonton mulai dari 1.000 sampai 100.000 orang pendengar.

Mengapa memilih untuk menggunakan Modularity ?

Setelah melakukan riset pasar secara luas dengan beberapa penyedia PA terkemuka di dunia , NEXO memutuskan untuk telah berbalik dari tren line array tradisional yang dominan , mengambil konsep modularitas sebagai prinsip desain inti untuk produk barunya. Sebuah sistem STM dapat dikonfigurasi sesuai kebutuhan,terdiri dari empat elemen loudspeaker yaitu modul utama M46 , B112 bass , S118 subbass dan modul pengisi M28 ‘ omni ‘.Konfigurasi sistem memungkinkan sistem array terdiri dari modul speaker utama saja , atau main + bass , atau bass + main + bass . Kemampuan untuk menambahkan speaker bass ekstra ke dalam sistem dalam rangka meningkatkan daya dan ‘headroom’ tanpa menghasilkan anomali fase yang tidak diinginkan membuat STM begitu unik , sistem pertama di dunia yang menawarkan bagian LF scalable . Menyebarkan loudspeaker subbass secara mandiri , baik masuk kedalam sistem array atau ditumpuk di tanah, sangat fleksibel , dan speaker fill ‘ omni ‘ menyempurnakan pola cakupan , apapun skala sistemnya.

Target pasar dari Seri STM adalah para pemilik rental sound system,konsumer sistem PA , dan tempat-tempat dengan kebutuhan instalasi permanen untuk pertunjukan live performance . STM ini juga akan menjadi hal yang menarik bagi manajer produksi , festival dan event organizer lainnya .

Konsep modularitas dari STM membuatnya benar-benar serba guna.Sebuah perusahaan penyedia sewa sound sistem dapat meningkatkan sistem nya dari hanya 6 boks per sisi untuk acara kecil, sampai menangani sebuah arena atau stadion . Modul array ini sangat low profile,pada saat unit main + bass utama + sub disusun bersamaan mereka tetap tidak melewati batas sightline untuk konser dan acara siaran.

Yang pertama bagi NEXO , elemen utama,bass dan elemen omni menggunakan struktur kabinet injeksi untuk daya tahan maksimum dan tahan akan segala cuaca . Tim teknis dari NEXO bangga akan sistem bass dan sub bass milik mereka, ini menjadi salah satu kekuatan utama yang menjadi ciri khas dari NEXO.Kabinet bass dirancang dengan sangat kuat dan memiliki respon frekuensi yang bersinergi dengan modul Sub dan modul utama , memberikan peningkatan yang signifikan didalam headroom LF . Dengan Sub STM bisa mencapai output SPL mendekati model CD18,hanya menggunakan satu buah driver 18 inci . Dan dapat digunakan back to back dalam mode cardioid , atau sisi ke sisi dalam mode omnidirectional .

Didesain dari masukan para pengguna nyata di dalam industri , sistem STM telah dirancang untuk kemudahan transport dan penyimpanan di berbagai area. Dirangkum  dengan cermat mulai dari bagaimana paket ini bersama sama ditransportasikan,bagaimana hasil suaranya.Dengan hanya menggunakan beberapa trolley dan bumper , sistem dapat dengan mudah disiapkan di gudang , dimuat ke trolley dan langsung didorong ke tempat pertunjukan. Semua aspek penggunaan sistem tata suara ini telah dipilih,direkayasa ,dan teknologi seperti rigging PistonRig ™ dan REDLock ™ memungkinkan cukup dengan satu orang teknisi untuk memulai proses setup sistem.

Inovasi lainnya dari NEXO yaitu membuat sebuah sistem yang siap jalan. Modul STM diintegrasikan  dengan Rack Nexo Universal Amp atau disingkat NUAR , yang berisi patch digital plug and play , real time monitoring sistem dan fungsi kontrol jaringan ke dua buah power amplifier NXAMP4x4s , yang masing-masingnya dapat menyediakan daya untuk kebutuhan hingga 12 speaker ( 3 boks / channel) . NUAR lahir dengan penuh inovasi,pertama NXAMP menggunakan sistem dual voltage yang dirancang khusus untuk pasar internasional,Digital Meter Unit (DMU) yang baru ,input panel patch unik yang menyediakan komunikasi data digital dengan perangkat NXAMP dan Digital Patch Unit ( DPU ) yang merupakan sebuah panel keluaran patch yang pintar .

Untuk perangkat tambahan opsional di dalam unit rak , NEXO menawarkan pilihan solusi kartu jaringan NXES104 yang mana adalah karya NEXO terdahulu untuk fungsi kontrol jaringan EtherSound ,sedangkan yang baru di PL + S adalah NXDT104 DanteTM kartu audio plug in untuk NXAMP , kartu ini memungkinkan sistem speaker line array NEXO untuk mengeksploitasi berbagai manfaat dari solusi jaringan digital performa tinggi. NXDT104 akan mendistribusikan data audio digital ditambah kontrol kontrol terpadu , secara otomatis mengkonfigurasi antarmuka jaringan,mencari dan menemukan perangkat Dante ™ yang lainnya didalam satu jaringan .Mampu menerima 4 audio stream ( 24 bits/48kHz ) dalam format Dante ™ ,dua port untuk redundansi dan port ketiga untuk remote control tambahan serta fungsi koneksi langsung ke PC menggunakan format audio ASIO.

Dan dalam peningkatan lebih lanjut dari fungsionalitas jaringan produk NEXO, pengguna akan segera dapat mengunduh rilis pertama dari perangkat lunak NeMo dari Apple iTunes, sebuah aplikasi untuk iPad dan iPhone yang menyediakan fungsi remote control melalui jaringan NXAMP dari mana saja anda berada .

Ringkasan

Singkatnya , STM menyediakan sebuah solusi untuk memaksimalkan peluang para penggunanya untuk bekerja apapun tantangannya. Sangat cocok untuk berbagai pekerjaan skala besar . Tidak perlu menggunakan banyak kru pekerja ,biaya instalasi dapat dikurangi dengan inovasi hardware yang luar biasa. Hal ini memungkinkan pelaku rental untuk bersaing lebih baik dalam harga sewa pasaran saat ini.

Spesifikasi dari modul loudspeaker line array Seri STM

M46 Kabinet Utama

Kabinet injeksi berdaya tahan tinggi dengan komponen inovatif untuk meningkatkan kinerja . Driver membran datar memastikan cakupan penuh  dari dispersi horizontal sebesar 90 °.Rentang frekuensi HF tetap sepenuhnya linear , menggunakan diafragma Keton Polymer yang berfungsi meningkatkan respon tonal dan lemparan suara pada jarak yang jauh.

  • 4 x 6,5 inci LF / MF Driver
  • 4 x HF Driver Kompresi
  • 145dB Max SPL
  • Frekuensi respon : 85Hz – 20kHz
  • 35cm/W57,5cm/D71,5cm
  • 55Kg/121lb
  • Dispersi 90 ° H x 0-10 ° V

B112 Kabinet Bass

Kabinet bass injeksi loded menghadirkan driver bass ekskursi tinggi 12 inci dengan daya 3000W  dengan teknologi magnet Neodymium dan voice coil 4 inci.Unit ini memiliki format dimensi dan berat yang sama seperti M46 . Desain horn loaded hybrid memaksimalkan efisiensi dari speaker  menghasilkan SPL 6dB yang lebih besar driver front loaded standar yang banyak terdapat pada produk di pasaran saat ini .

  • 1 x 3000W + / – 3cm excursion 12 inch LF Driver
  • 141dB max SPL
  • Frekuensi respon : 63Hz – 200Hz
  • H350mm/W575mm/D715mm
  • 55Kg/121lb

S118 Kabinet Subbass

Kabinet subbass menampilkan driver Neodymium 3000W 18 inci ekskursi tinggi . Sebuah bandpass memastikan output SPL yang setara dengan subbass konvensional ganda 18 inci yang banyak dipakai . Dengan dimensi lebar yang sama , tinggi dua kali lipat dari kabinet utama M46 sehingga modul S118 dapat ikut digantung bersama array atau ditumpuk di tanah . Dapat disetup sebagai sub omnidirectional atau cardioid .

  • 1 x 18 inch LF Driver
  • 143dB SPL maksimum
  • Frekuensi respon : 25Hz – 85Hz

M28 Kabinet Omni

Kabinet loudspeaker serbaguna yang didedikasikan untuk memenuhi peran downfill , menyediakan dispersi  suara 120 ° horizontal dan 0 ° sampai 15 ° sudut splaying antara modul . Ukuran lebar fisik sama dengan M46,yang mana M28 juga dapat digunakan secara terpisah dari M46 atau B112 .

  • LF Drivers 2 x 8 inci
  • 4 x 4 inci MF Driver
  • 1 x HF Kompresi Driver
  • 140dB SPL max
  • Frekuensi respon : 60Hz – 20kHz
  • H233mm/W575mm/D715mm
  • 38Kg/84lb

Tagged : , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Comment