Sound System Alcons Audio Sentinel

Sound System Alcons Audio Sentinel

Teknologi pro ribbon milik perusahaan Sound System Alcons Audio sedang dalam perjalanan menuju pasar sound system profesional.

Namun untuk mendapatkan hasil yg terbaik dari sistem audio mereka, setiap komponen dari barisan sinyal harus dipertimbangkan secara matang.

Dengan pertimbangan inilah Alcons akhirnya mengembangkan Sentinel, sebuah rentang produk kontroler speaker aktif yg secara presisi bertemu dengan kebutuhan spesifikasi dari unit speaker milik perusahaan.

Asal mula dari konsep Sentinel lahir dari para insinyur audio Alcons yg melakukan pengujian dengan kalibrasi 1:1 antara  kontroler speaker aktif seri ALC dan produk power amplifier dari berbagai merk yg terkemuka.

“Kami membandingkan kualitas suara dari sudut penilaian pencitraan stereo, kedalaman ruang, lebar dan resolusi suaranya” ucap salah satu pendiri Alcons yaitu Tom Back. “Kebanyakan orang didalam dunia sound system profesional akan berpikir bahwa setiap sistem amplifikasi beroperasi dalam nilai performa yg sama, namun yg kami temukan adalah terdapat perbedaan yg sangat besar diantara model dengan model sampai dengan implementasi teknologi yg digunakan oleh masing masing model power amp nya.”

“Tentunya, kami melakukan pengetesan yg lebih lanjut pada bagian output, sifat thermal, antarmuka pengguna,kemampuan pemrosesan audio yg terintegrasi dan kemudahan perbaikan, yang juga kami temukan adanya banyak perbedaan. Secara global, dengan komponen transduser beresolusi tinggi seperti teknologi pita profesional Alcons, perbedaannya terlalu besar untuk kita tidak perhatikan.”

Perusahaan bisa saja membuat kesepakatan OEM ( Original Equipment Manufacturer ) bersama produsen power amplifier yg sudah ada, namun untuk mencapai sebuah sistem yg memungkinkan semua yg dibutuhkan oleh para pelaku profesional audio tanpa kehilangan kualitas audio sekecil apapun, Alcons memutuskan untuk mengembangkan miliknya sendiri, sebuah sistem handal yg sesuai.

Kontroler Speaker Aktif Alcons Audio Sentinel memiliki fitur 4 saluran in dan 4 saluran out dengan bagian masukan matriks yg dapat dirunut, dengan sampel rate internal 96kHz.

Dikarenakan oleh konversi sampel rate yg dirancang khusus, Alcons Sentinel menerima segala jenis sinyal suara antara 44.1 sampai dengan 192kHz dalam format digital AES3.

Mesin DSP handal yg dapat diperbarui dimasa depan memungkinkan tingkat keterlambatan yg minimal ketika melakukan pekerjaan pemrosesan suara untuk algoritme yg paling kompleks seperti IIR dan FIR.

Fitur dari seksi DSP meliputi fungsi parametrik EQ termasuk shelf, notch, high/low-pass dan delay di setiap salurannya, preset pabrikan untuk semua sistem audio Alcons dan yg lainnya.

Preset “linear” memungkinkan Alcons Sentinel untuk digunakan bersama speaker dari pabrikan lainyya ,sementara tetap menjaga fungsionalitas DSP secara penuh.

Power amplifier 4 saluran yg dibangun dengan rancangan topologi Kelas D dan 2 modul suplai daya dengan modus peralihan ( switching ) yg ditanamkan kedalamnya semua dibekali dengan teknologi mikrokontroler, menyediakan pemantauan untuk semua parameter dan dipandu melalui jaringan komunikasi internal. Ini berari ,efisiensi pengoperasian secara maksimal ( bahkan dengan salah satu suplai daya dimatikan ) dan pencatatan status berkepanjangan dapat dikapan saja.

Konstruksi modular nya tidkak hanya memfasilitasi proses pergantian pembaruan perangkat dimasa depan contoh : prosesor sinyal audio yg lebih canggih (jika dibutuhkan), namun juga mudah untuk diperbaiki “ditempat”.

Sirkuit Signal Integrity Sensing (SIS) secara dinamis mengkompensasi efek impedansi pada tarikan kabel yg panjang dan faktor konektor, menghasilkan respon frekuensi sub dan bass yg padat, Menyesuaikan respon perpindahan yg cepat dari reproduksi frekuensi suara tengah keatas oleh komponen pro-ribbon milik perusahaan. Sirkuit ini tidak membutuhkan preset manual apapun ,tapi beroperasi secara dinamis, didalam sistem SIS.

Alcons Sentinel dioperasikan oleh kontroler utama yg berbasis Linux, melalui sebuah layar sentuh berwarna berukuran 480 x 272 pixel berjenis TFT dan enkoder putar dengan lampu RGD-LED.

Remote kontrol disediakan oleh ALControl,  sebuah protokol lunak Alcons ALC kontrol, untuk mengatur setiap individu atau beberapa Sentinel untuk dioperasikan dari sistem komputasi Mac dan PC ,dan juga kontrol melalui perangkat mobile juga dimungkinkan dengan aplikasi VNC.

Sisipan modul tambahan dan dua konektor RJ45 memungkinkan proses kontrol audio tambahan antar jaringan.

Alcons Audio Sentinel hadir dalam dimensi fisik berukuran 2u ruang rak dengan dua format yaitu : 4x 750W (Sentinel3) dan 4x 2500W (Sentinel10) total daya output, bobot hanya 8,8kg dan 11,6kg pada masing masing modelnya.

“Fokus utama didalam proses pengembangan dari sistem Sentinel adalah untuk mendapatkan sebuah jalur sinyal yg bertaraf ‘audiophile’ dan bertambah nya headroom ( ruang dimensi ) dalam kondisi apapun, singkat kata untuk mencapai hasil maksimal dari sound system profesional Alcons Audio,” jelas Back. “Perangkat ini dirancang untuk memberikan kualitas suara yg paling tinggi dan pengalaman mendengar yg paling realistis, dalam setiap level tekanan suara,dan dalam aplikasi manapun.

“Ini berkat tim R&D Sound System Alcons Audio kami yg mengambil jalan yg lebih panjang dibandingkan menggunakan jasa ‘jalan pintas’ dari OEM, tapi semua lunas terbayarkan. Kami dapat mengatakan bahwa kini kombinasi dari sound system Alcons Audio dan perangkat Sentinel menaikkan standar industri untuk pencapaian kualitas suara maksimal didalam sebuah sistem tata suara. Ini adalah standar baru dari suara Hi-Fi pada tingkat SPL setara konser. Dan yg paling penting, ini adalah investasi masa depan.”

Tagged : , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Comment