Sound System Line Array Alcons Audio LR28-110

Sound System Line Array Alcons Audio LR28-110

Pada pameran sound system ProLight + Sound tahun ini, Alcons Audio meluncurkan Sound System Line Array Alcons Audio LR28/110 format besar yg menyediakan cakupan dispersi suara yg lebar dalam konfigurasi sistem 3 arah untuk aplikasi sistem tata suara vertikal gantung dengan cakupan horisontal yg diperpanjang di aplikasi berskala besar.

Rancangan dasar dari sistem Alcons Audio LR28 didasari oleh pondasi Alcons pada tahun 2002 dan menjadi implementasi dari tujuan perusahaan untuk membuat sistem reproduksi suara yg terbaik didalam berbagai aplikasi di berbagai tingkatan level tekanan suara. Tim riset dari Alcons telah memiliki pengalaman selama lebih dari 15 tahun dalam bidang pemrosesan sinyal suara , teknologi amplifikasi sound system dan pengembangan komponen transduser , dengan berfocus pada teknologi pita ribbon professional . Sebagai pabrikan yg memiliki komponen penggerak tengah / tinggi sendiri, perusahaan memiliki pondasi dasar yg sangat baik untuk mencapai tujuannya dalam membangun sebuah sistem tata suara format besar yg paling unggul.

“Ambisi kami sejak lama adalah menantang diri kami sendiri untuk melihat seberapa jauh kami dapat mengembangkan teknologi transduser pita pro ribbon milik kami dalam hal daya keluaran yg halus,” jelas Philip ‘Dr Phil’ de Haan, salah satu pendiri Alcons Audio dan kepala divisi riset dan pengembangan.

Pada tahun 2007 ,perusahaan kami mempelajari sebuah rancangan sistem tata suara pro ribbon dalam skala yg lebih besar dan pengembangannya dimulai di tahun 2010 yg lalu menghasilkan produk Alcons LR28.

Alcons menciptakan sebuah komponen penggerak transduser pita pro ribbon satu diafragma yg berukuran tinggi 14 inci dengan kumparan suara 14 inci. Ini adalah komponen RBN1402rsr yg telah menerima beberapa hak paten, yg tak lain merupakan inti penggerak frekuensi tengah / tinggi dari model LR28. Komponen ini memiliki respon dorongan impuls yg cepat, penanganan daya puncak HF 3000 watt dengan rasio RMS-puncak 1:15 dan gelombang depan silinder alami yg menyalurkan respon suara linear yg dapat diprediksi , dengan kadar distorsi yg rendah dan kontrol pola sebaran suara yg presisi.

Pertama kali diperkenalkan pada tahun 2015, Alcons Audio LR28/80 menyediakan fitur pola cakupan dispersi suara 80 derajat pada bidang horisontal, namun identik dengan model LR28/110 yg baru dalam aspek lain. Kedua model menggabungkan kualitas suara dengan kemampuan tingkat tekanan suara SPL dan jarak lemparan suara yg tinggi. Ini adalah solusi yg ideal untuk sebuah sistem tata suara kelas professional , dimana sound system ini tidak menambahkan apapun kedalam sumber sinyal yg asli ,artinya sinyal masukan sama dengan yg keluar (namun lebih kencang ).

Komponen Alcons Audio RBN1402rsr dan bagian tengah (diisi oleh empat buah komponen transduser penggerak rentang frekuensi tengah berefisiensi tinggi berukuran 6.5 inci) digabungkan lalu dipasang pada sebuah kaset aluminium untuk mengoptimasi pembuangan hawa panas /mengurangi kompresi daya dan meningkatkan daya keluaran sistem.

Bagian frekuensi rendah LF diisi oleh dua buah komponen woofer kustom 14 inci dengan konus yg diperkuat dan kumparan suara Neodymium berstruktur motor yg besar dalam konfigurasi isian refleks untuk aliran pembuangan hawa panas yg lebih baik dan mengurangi kompresi daya.

“Kami bisa saja membuat tiga blok LR18 sebagai pengisi bawah untuk LR28, namun kami ingin membuat sebuah sistem tersendiri untuk menjaga kinerja identik dan penyatuan susunan turun sampai ke kabinet yg paling bawah,”jelas Dr Phil.

“Kami juga sadar kalau versi LR28 yg lebih lebar cakupan dispersinya terbukti sebagai sebuah solusi yg ideal untuk situasi isian luar atau sebagai sistem speaker delay dimana area pendengar tersebar luas dan lemparan suara yg pendek diperlukan. Cakupan dispersi suara horisontal paten 110 derajat dari  LR28/110 dapat terjaga sampai ke frekuensi paling tinggi dan dapat dapat disusun dalam barisan susunan speaker 110 derajat mandiri, dalam kombinasi dengan LR28/80, dan ekstensi bass line array  LB28 atau keduanya dalam susunan yg lebih besar.

Alcons Audio LR28/80 dan LR28/110 ditenagai dan dikontrol melalui empat saluran dari kontroler amplifikasi speaker Sentinel10 , melalui pemrosesan dan umpan balik terintegrasi , ALC memungkinkan LR28 untuk digerakkan secara spesifik dengan kompensasi susunan line array , preset filter penyaringan, penyelarasan EQ sistem , pencocokan fase dan fasilitas lainnya.

“Perkabelan Signal Integrity Sensing yg terpasang pada bagian LF dan MF menjamin kompensasi dinamis kabel/konektor dantara LR28 dan Sentinel, menghasilkan respon frekuensi tengah / bass yg padat dan cepat serta mengurangi distorsi.

“Sistem penggantungan memungkinakn pengaturan sudut lewat kabinet tanpa harus mengangkat keseluruhan susunan speaker , hasilnya adalah proses persiapan yg lebih aman dan cepat dengan penanganan minimal. Sistem rigging gantung unik menunggu paten memfasilitasi dua metode susunan yg berbeda yakni gaya ulat dan pra susun dengan suspensi gantung yg terkompres dan non kompres. Memiliki unsur keamanan WLL 10:1 untuk 24 susun kabinet.

“Para insinyur sistem tata suara yg telah meggunakan sistem Alcons Audio LR28 mengungkapkan bahwa mereka dapat mendengar dan melakukan pekerjaan mereka dengan lebih efektif, tidak seperti sound system konvensional yg lain, disamping kejernihan suara yg luar biasa , dinamika ruang kepala dan kemampuan lemparan suara untuk panggung skala besar . Pujian ini telah berulang kali kami dengar dari para artis , promotor dan perusahaan rental penyewaan sound system. Berkat kemampuan kontrol direksional , para tetangga yg tinggal di dekat area festival dan arena pertunjukan juga tetap nyaman selama acara berlangsung.

“Tingkat distorsi yg lebih rendah sampai dengan  90% dan respon frekuensi yg datar sampai dengan mendekati 20.000Hz pada tingkat tekanan suara SPL skala konser yg paling tinggi menjadi mungkin dengan penggunaan Alcons LR28. Sound System Line Array Alcons Audio LR28/110 memperluas kemampuan ini , menyalurkan cakupan suara yg ditingkatkan dan pengalaman menikmati musik yg lebih menyenangkan bagi para pendengarnya ,” Dr Phil menyimpulkan.

Tagged : , , , , , , , ,

Leave a Comment