Sound System Line Array d&b Audiotechnik Seri Y

Sound System Line Array d&b Audiotechnik Seri Y
September 08, 2014 No comment

Merk sound system ternama d&b audiotechnik asal Jerman yang telah lama terkenal akan kualitas speaker buatannya yang mampu memuntahkan kualitas audio berkualitas tinggi telah kembali menelurkan produk speaker mereka yang terbaru yakni Sound System Line Array d&b Audiotechnik Seri Y , didesain khusus untuk aplikasi mulai dari ruangan indoor kecil sampai ukuran menengah yang membutuhkan sistem tata suara yang berkelas tinggi.

Speaker db Seri Y terdiri dari model speaker poin source Y7P dan Y10P bersama dengan subwoofer B6-SUB untuk melengkapi sistem,disamping itu terdapat beberapa model lainnya seperti speaker line array Y8, Y12 dan  Y-SUB. Sama seperti Seri V,semua model yang baru ini dilengkapi dengan 3 titik poin gantung atau rigging.

Model Y7P dan Y10P memanfaatkan komponen woofer dipolar delapan inci yag sama , komponen diletakkan ditengah driver tweeter kompresi berukuran 1.4-inci yang terpasang di sebuah corong yang dapat diputar,berguna untuk memfasilitasi kebutuhan orientasi setup vertikal mauoun horizontal. Dengan karakter dispersi suara dari 75° x 40° dan 110° x 40° (h x v) pada kedua model, db  Y7P dan Y10P menawarkan beberapa pilihan pengoperasian seperti bekerja secara mandiri sebagai sistem full range atau di kombinasikan dengan elemen lain dari saudaranya di dalam Seri Y, baik dalam susunan ditumpuk di atas tanah ataupun digantung. Sebuah lubang angin yang di rancang khusus memberikan kemampuan jangkauan frekuensi rendah turun sampai dengan 59 Hz.

Subwoofer B6-SUB hadir menyempurnakan respon frekuensi dari kedua Y7P dan Y10P, dipersenjatai dengan satu buah woofer khusus 18-inci terpasang di kabinet yang berdesain ported atau bass reflex , mampu menjelajah respon frekuensi turun sampai 37 Hz.

Versi Y8 dan Y12 yang lebih kompak menggunakan sistem gantung yang sama persis dengan model J dan Seri  V yang lebih besar,bersama dengan karakteristik dispersi horizontal yang juga sama 80° dan 120° . Untuk model ini ,unit dapat digantung dalam susunan kolom maksimal sebanyak 24 unit, dengan sudut sebaran mulai dari 0 sampai 14 derajat dengan pengaturan per 1 derajat.

Subwoofer Y-SUB diisi dengan komponen 18-inci dan 12-inci yang dirancang khusus untuk menyediakan pola sebaran cardioid. Sementara dengan didukung oleh satu saluran amplifier, Y-SUB dapat di susun dengan metode tumpuk atau digantung diatas deretan array kabinet Y8 atau Y12. Kedua model speaker poin source dan line array menawarkan konfigurasi dua buah driver bermagnet neodymium dengan ukuran delapan inci terpasang dalam rangkaian dipolar disekitar tweeter kompresi 1.4-inci. Dengan konfigurasi tersebut ,Y8 dan Y12 mampu menghasilkan dispersi horizontal yang terkontrol sampai dengan frekuensi 500 Hz.

Sedangkan speaker Seri Y dimaksudkan untuk memberikan solusi portabilitas yang lebih fleksibel, keluarga seri Yi dihadirkan untuk aplikasi yang lebih ke arah instalasi permanen, oerbedaannya hanya terletak di desain konstruksi kabinet dan perangkat pemasangan. Pilihan warna dan tambahan opsi ketahanan terhadap cuaca memberikan keleluasaan penempatab dan estetika yang lebih menyatu dengan ruangan yang akan digunakan.

“Sejak Sound System Line Array d&b Audiotechnik Seri Y menggabungkan kedua teknologi line array dan kemampuan sebagai poin source,pengaplikasian sistem di lapangan menjadi sangat luas,mulai dari kebutuhan panggung kecil sampai konferensi ,rumah ibadah dan konser,” ujar manajer produk db Audioteknik Werner ‘Vier’ Bayer. “Ini adalah suatu hal yang baru dan sangat menarik bagi kami,kami melihat ini sebagai produk yang akan menjadi tumpuan industri kami,sebuah sound sistem bisa menjadi poin source dan line array didalam satu paket,kenapa tidak?”

Tagged : , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Comment