Sound System Line Array Funktion One Vero

Sound System Line Array Funktion One Vero

Setelah melewati masa pengembangan selama lebih dari 6 tahun, pabrikan sound system professional asal Inggris Funktion One kini melahirkan Sound System Line Array Funktion One Vero, sebuah sistem tata suara format besar untuk menangani aplikasi tur.

Funktion One Vero adalah sebuah sistem tata suara lengkap yg terdiri dari sistem speaker , amplifikasi , perkabelan, sistem instalasi, alat transportasi , perlindungan cuaca dan piranti lunak.

“Salah satu alasan kenapa ini membutuhkan waktu 6 tahun untuk dikembangkan adalah karena jumlah pekerjaan perancangan dan detail yg disalurkan untuk membuat sebuah sistem lengkap yg original,” jelas Tony Andrews dari Funktion One. “Tidak hanya speaker, namun sistem suspensi yg menunggu hak paten, perkabelan , sistem amplifikasi dan sistem rak.

“Kami juga mengembangkan Projection yg mana adalah piranti lunak prediksi kinerja untuk Vero, yg sangat intuitif dan mudah untuk digunakan,” lanjut Tony. “Apa yg dapat kalian lihat didalam tampilan piranti lunak adalah apa yg akan kalian dapatkan di lapangan. Setiap elemen dari sistem akan ditampilkan dengan tepat.”

Vero telah melalui proses pengetesan beta selama tiga tahun, dimana setiap bagian dari sistem terus diperbaiki secara konstan . Contohnya , dari tiga jenis roda dolly yg kami coba, diuji dan ditolak sebelum akhirnya jenis keempat menjadi pilihan yg tepat untuk menghadapi setiap tantangan di lapangan tur, festival dan pertunjukan besar.

Andrews berkata : “Ketika kalian mendengarkannya , presentasi dari citra suaranya sangat luar biasa fenomenal. Kalian bisa saja mengkonfigurasi sistem ini di luar pengaturan tipikal 2 menara dan tetap mendapatkan citra stereo.”

Pendekatan untuk suara yg alami dan bebas pemrosesan ini adalah sesuatu yg disebut oleh para perancang sistem tata suara Vero sebagai Geometric Energy Summation atau disingkat GES. Singkatnya, geometri alami dari corong pemandu gelombang suara dan hubungannya antara satu dengan yg lainnya didalam barisan kombinasi dirancang supaya koheren.

Rancangan komponen penggerak dan geometri dari kedua corong pemandu gelombang dan sistem penggantungan telah dioptimasi untuk menjamin kemurnian sonik. Preservasi dari sinyal suara yg asli melewati rantai komponen sistem adalah sebuah kebutuhan dasar untuk kualitas hasil suara. Dengan  Vero, keseimbangan spektral , direktivitas dan kontrol level dicapai melalui proses yg alami jadi  transien dan informasik harmonik tetap tak tersentuh.

Tim perancang berfokus pada penjumlahan koheren dari energi audio dari kabinet yg didesain khusus untuk proyeksi berintensitas tinggi sampai ke jarak yg jauh. Kabinet juga dapat dibariskan pada sudut yg lebih lebar untuk memperpanjang cakupan vertikal di jarak yg lebih dekat, membantu menangani kontrol fisik yg akurat dari densitas suara yg direproduksi oleh barisan speaker line array Vero.

funktion-one-veroSpeaker line array Vero terdiri dari enam buah speaker dengan kadar distorsi rendah dalam konfigurasi corong yakni V60 dan V90 untuk frekuensi menengah atas , V315 untuk bass tengah , dengan pilihan  modul bass V221, V124 atau V132. Vero V60s, V90s dan V315s kesemuanya memiliki dimensi ukuran fisik yg sama, ini memungkinkan unit untuk disusun dalam barisan vertikal yg sama. Kabinet bass V221, V124 atau V132 menawarkan sejumlah pilihan untuk ukuran dan perpanjangan frekuensi rendah.

Vero ditenagai oleh sistem amplifikasi audio Lab gruppen PLM 20K44 yg mampu menyediakan daya yg besar dan handal dalam faktor ukuran yg kompak, pemrosesan sinyal audio digital dan kemampuan jaringan audio Dante untuk distribusi sinyal. Tiga modul amplifikasi PLM 20K44 dan distributor sinyal utama terpasang dalam sebuah rak kompak yg tahan guncangan , lengkap dengan pintu geser yg bertempat di atas dari unit rak.

Sistem penggantungan Lambda milik Vero yg menunggu hak paten dirancang untuk kemudahan,kecepatan dan keamanan penggunaan. Lambda memungkinkan barisan speaker Vero untuk disusun secara akurat dan efisien. Semua pengaturan suspense dapat dikalkulasi menggunakan piranti lunak Vero Projection. Jarak sudut antara cabinet dapat disesuaikan dengan sistem didalam suspensi.

Sistem suspense juga membantu mengoptimasi keselarasan penggerak dan menyediakan penyesuaian sudut kemiringan pada saat sudah tersusun, artinya susunan speaker dipindahkan dan digantung terlebih dahulu sebelum ditarik ke sudut yg diinginkan.

Piranti lunak perancang dan prediksi Vero Projection memungkinkan penggunanya untuk mengoptimasi desain susunan speaker line array untuk aplikasi yg spesifik. Projection menyediakan rancangan ruang, tampilan antar ruang dan 3D. Dilengkapi dengan antarmuka pengguna yg ramah, sebuah alat pengukuran yg mengkalibrasi jarak dan waktu kecepatan suara, dank ode warna untuk membedakan cabinet satu dengan yg lainnya.

“Suara yg bagus adalah sebuah karya seni,” pungkas Andrews. “Hal ini seringkali di anggap remeh oleh para pelaku industri musik khususnya di dalam negeri. Sedangkan dengan Vero ,kalian akan disuguhi kualitas koherensi dan akurasi yg terdepan didalam industry, hasil akhirnya adalah sebuah hasil kualitas suara yg berdimensi besar dan terasa intim.

Sound System Line Array Funktion One Vero menyediakan citra suara yg sangat realistis. Artinya , para artis ,musisi , insinyur sistem tata suara dan penikmat konser dapat menikmati rentang dinamika dan kemurnian suara yg tiada tara, yg mana memang sudah selayaknya begitu.”

Tagged : , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Comment