Speaker aktif RCF ART 9 series

Speaker aktif RCF ART 9 series

Speaker aktif RCF ART 9 series yang baru terdiri dari enam buah model yang kesemuanya digerakkan oleh sebuah sistem ampifikasi audio dua saluran yang tercatat mampu menyediakan tenaga sampai dengan 2,100 watt dan sudah dilengkapi dengan fitur pemrosesan sinyal audio digital DSP. Dirancang untuk aplikasi sound system sebagai sistem tata suara utama, pengisi dan pemantauan panggung.

Seperti namanya, pengeras suara generasi kesembilan ini tercatat 50% lebih kuat dari versi sebelumnya. Amplifier tidak membutuhkan kipas pendingin, pembuangan hawa panas kini ditangani oleh sebuah pembuang panas berbahan aluminium solid dibelakang unit tanpa bagian bagian motor yang bergerak.

jeroan-speaker-aktif-rcf-art-9-series

Peningkatan performa dicapai lewat komponen transduser baru buatan RCF yang memanfaatkan bahan bahan seperti Kapton, Titanium dan magnet Neodymium. Penggerak kompresi baru berukuran 1.75 inci dengan kubah Polyimide-Kapton memanfaatkan sebuah teknologi pengikat yang baru dan rangka rangka yang diperkuat yang tercatat mampu membuat daya tahannya 10 kali lebih tinggi bila dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Rancangan komponen woofer yang baru diciptakan untuk menyediakan kestabilan kinerja yang lebih stabil pada arus daya listrik yang besar dan dengan kadar distorsi yang lebih rendah. Setiap desain dari komponen woofer sudah diuji dengan sinyal berkelanjutan selama 200 jam untuk mambuat stress transduser pada level tinggi.

Selebihnya, corong pemandu gelombang suara ( waveguide ) True Resistive Waveguide (TRW) adalah hasil dari pembaruan desain transduser dan lubang port angint, melalui Finite Element Analysis dan pengujian konstan didalam ruangan anechoic ( ruang tanpa pantulan suara ) milik RCF. TRW tercatat mampu meniru load tahanan murni bebas resonansi , mengurangi distorsi frekuensi tinggi dari sebuah corong speaker tradisional. Dengan radiasi akustik asimetrisnya, sudut cakupan dari corong waveguide ini didesain untuk menyediakan direktivitas suara yang konstan ke seluruh area pendengar.

Komponen komponen ini bekerjasama dengan dua buah algoritme DSP aksklusif milik RCF, satu untuk linearisasi fase dan desain titik persilangan frekuensi ( crossover ),yang satunya lagi untuk manajemen tendangan ekskursi dari bagian woofer. Teknologi FIR digital paten FiRPHASE dirancang untuk membantu distribusi suara yang koheren tanpa distorsi fase. Manajemen ekskursi woofer— Bass Motion Control — bekerja dengan cara menciptakan sebuah peta lengkap tentang perilaku dinamika dari komponen tranduser untuk menghasilkan sebuah algoritme kustom yang hanya membatasi ekskursi yang berlebihan, menghindari pembatas high pass filter dan pembatas limiter berpita frekuensi besar.

Kabinet speaker berwarna hitam menggunakan sebuah bahan campuran komposit polypropylene dengan sebuah konsep konstruksi yang baru. Desain penopang internal M-Brace milik RCF menghubungkan 4 sisi kotak kabinet dengan bagian amplifier sound system, mencegah terjadinya deformasi, dengan mengurangi penambahan akustikal bahkan pada tingkat pengaturan volume suara maksimum. M-brace juga lebih tahan terhadap stress mekanikal.

Pegangan pegangan samping ergonomis disediakan pada kedua sisi samping dan sisi atas kabinet speaker. Sisi bagian bawah dilengkapi dengan sebuah lubang soket untuk tiang speaker. Setiap modelnya juga dapat digantung atau dipasang di permukaan dinding melalui beberapa titik suspensi gantung M10 dan aksesoris instalasi khusus.

Ke enam modelnya terdiri dari yang komponen woofernya 10 sampai 15 inci, dan seperti yang telah disampaikan, berbagi sistem ampliflikasi audio sebesar 2,100-watt yang sama. RCF ART 945-A adalah model terbesar didalam seri ini, tercatat dapat menyalurkan tingkat tekanan suara SPL maksimum sampai 135 dB dan memanfaatkan sebuah komponen penggerak kompresi 4 inci berbahan titanium dan sebuah woofer bermagnet neodymium yang tercatat mampu menghasilkan suara bass turun sampai ke frekuensi 45 Hz.

Jika kalian tertarik dan hobi audio, banyak yang kalian bisa pelajari di paket sound system indonesia ( gratis lho ☺ ). Untuk konsultasi dan permintaan desain sistem atau penawaran proyek pengadaan sound system, silahkan menghubungi kami lewat kontak yang tertera di situs resmi kami.

varian-speaker-aktif-rcf-art-9-series

 

Tagged : , ,

Leave a Comment