Speaker Line Array Aktif RCF HDL 6-A

Speaker Line Array Aktif RCF HDL 6-A

RCF sedang mempersiapkan tambahan anggota keluarga dalam rentang produk speaker seri D-Line dengan sebuah sistem berformat mini tahun ini. Pas disaat ajang pameran sound system professional berskala dunia Prolight+Sound di kota Frankfurt pada bulan April , Speaker Line Array Aktif RCF HDL 6-A dan subwoofer RCF HDL 12-AS diperkenalkan ke public. Perusahaan meyakini bahwa ini adalah tambahan yg paling berperan penting dalam sistem tata suara line array RCF D-Line untuk tahun ini.

Seperti saudaranya yg lebih besar yakni RCF HDL 10-A dan  HDL 20-A , RCF HDL 6-A akan ditenagai oleh sebuah sistem amplifikasi audio digital dua arah dengan daya sebesar 1400 Watt pada beban puncaknya.

Diisi dengan dua buah penggerak 6.5 inci untuk rentang frekuensi tengah, RCF HDL 6-A dilengkapi dengan penggerak kompresi 1 inci dengan kumparan suara berdiameter 1.7 inci yg terpasang pada sebuah corong pemandu gelombang suara 100 x 10 derajat.

Sinyal masukan dan keluaran amplifikasi disalurkan melalui konektor Neutrik powerCON, dan sistem juga menyediakan kontrol volume dan dua buah preset pabrikan ,yg satunya untuk modus operasi linear jarak dekat ketika diposisikan sebagai unit yg berdiri diatas tanah, dan sebuah modus operasi yg mendorong frekuensi tinggi untuk disebar dalam jarak yg lebih jauh. Berbagai aksesoris tersedia untuk aplikasi instalasi gantung dan tumpuk.

Perusahaan yakin bahwa sistem ini akan menunjukkan keistimewaannya melalui daya keluaran, perpanjangan frekuensi rendah dan kejernihan vokal oleh karena titik persilangan frekuensi yg sangat rendah yaitu pada nilai di sekitar 1kHz.

“Sistem tata suara line array yg baru ini dirancang tanpa kompromi ,” jelas salah satu narasumber  dari perusahaan. “ Kami telah mencoba untuk membuatnya semirip mungkin dengan model RCF HDL 50-A dalam hal tampilan dan kinerja. Kedua komponen woofer 6.5 inci akan memberikan cakupan horisontal secara konstan selebar 100 derajat , sementara cakupan vertikal , sistem memiliki sudut sebaran antar kabinet mulai dari 1 sampai 10 derajat dengan langkah penyesuaian per 1 derajat.”

Bonus tambahan adalah fitur pin pengunci permanen, sementara dua pegangan di panel bagian belakang tersedia untuk proses transportasi yg mudah dan nyaman.

“ Ini adalah sebuah paket sound system professional portabel dan dapat diskala ulang yg tersedia pada titik harga yg sangat sangat kompetitif,” pungkas wakil perusahaan. “Sejak kami hanya menggunakan penggerak neodymium ,bobot per unit dari sistem speaker ini hanya seberat 11.5 kg, yg mana membuat sistem tata suara ini dapat diangkat oleh satu orang saja.”

Sistem ini lalu disempurnakan dengan sebuah subwoofer RCF HDL 12-AS , sebuah kabinet bass refleks berukuran 12 inci yg dirancang untuk digantung bersama dengan barisan speaker lengkap, menggunakan empat buah pin pengunci di bagian depan . ama seperti produk lain didalam seri ini, cabinet subwoofer ini dibekali dengan sistem amplifikasi kelas D sebesar 1400W dan dilapisi dengan bahan campuran polypropylene.

Subwoofer aktif RCF HDL12-AS juga dirancang untuk berfungsi sebagai perangkat portabel yg dapat ditumpuk atas tanah menggunakan aksesoris tiang speaker dan eyebolt ulir M20. Terdapat sebuah pegangan berbahan baja dan dilapisi dengan karet pada bagian atas untuk memudahkan proses transportasi dan kaki karet di bagian bawah untuk menyediakan isolasi akustik tambahan.

Speaker Line Array Aktif RCF HDL 6-A dan subwoofer RCF HDL 12-AS mungkin akan mulai tersedia di pasaran sound system dalam negeri pada tahun ini. Sampai artikel ini diterbitkan , belum ada informasi untuk harga dan ketersediaan yg pasti dari produk ini.

Tagged : , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Comment