Speaker Monitor Panggung JBL Pro VTX Seri M

Speaker Monitor Panggung JBL Pro VTX Seri M
February 04, 2016 No comment

Pada ajang pameran produk sound system internasional NAMM 2016, divisi solusi tur dari Harman Professional memulai debut Speaker Monitor Panggung JBL Pro VTX Seri M, sebuah baris produk system pemantauan audio panggung yg akan segera di kapalkan ke seluruh dunia.

Speaker monitor seri M yg berprofil sederhana memanfaatkan komponen woofer JBL Neodymium Differential Drive dan driver frekuensi tinggi D2 berdiafragma ganda, bersama dengan corong pemandu gelombang suara Image Control Waveguide yg baru untuk kontrol yg akurat dan gain sebelum feedback yg tinggi.

Produk speaker monitor aktif yg baru ini terdiri dari dua buah model yakni JBL VTX M20 dan VTX M22. JBL M20 dibekali dengan komponen speaker ganda berdiameter 10 inci dan sebuah tweeter frekuensi tinggi 3 inci D2, sementara model JBL VTX M22 menawarkan woofer ganda berukuran 12 inci dengan sebuah driver kompresi D2 berukuran 3 inci.

monitor-JBL-VTX-Seri-M“JBL VTM seri M adalah speaker monitor panggung murni pertama didalam keluarga produk JBL VTX,” jelas George Georgallis, manajer produk dari divisi sound system tur ,speaker dan pemrosesan sinyal audio digital DSP. “Tujuan kami ketika kami mulai mengembangkan produk seri M ini adlaah untuk menciptakan sebuah system pemantauan panggung yg terbaik di dunia. Bekerjasama dengan beberapa teknisi pemantauan panggung yg terbaik di kalangan industri, kami menawarkan performa yg akan bertemu dengan kebutuhan dan melampaui kinerja dari solusi pemantauan panggung lainnya.

“Demi mencapai target ambisius kami, “ kami menggabungkan teknologi terbaik dari JBL yg telah terbukti dengan beberapa komponen baru yg kami kembangkan dari dasar ,khusus untuk unit speaker monitor.Hasilnya adalah produk pemantauan panggung premium yg siap untuk setiap pekerjaan system tata suara yg paling menuntut dan mampu bersaing dengan speaker monitor manapun yg beredar dipasaran pro audio saat ini.”

Bagian frekuensi tinggi dari JBL seri M memanfaatkan penggerak kompresi ganda D2430 berukuran 3 inci, yang mana kalian dapat temukan di system speaker line array format besar JBL VTX V25-II. Penggerak D2 dipasangkan dengan pemandu gelombang suara baru 60 x 60 derajat yg memiliki bentuk yg unik, khusus dirancang untuk aplikasi pemantauan panggung JBL seri M.

Corong pemandu gelombang suara yg baru didasari oleh JBL Image Control Waveguide, sebuah teknologi yg aslinya dikembangkan untuk speaker monitor studio JBL M2 Master Reference. Dipaangkan dengan komponen driver D2, speaker ini menyalurkan pola cakupan suara yg konsisten secara spasial.

Komponen woofer yg ada didalam unit JBL VTX seri M menggunakan teknologi Differential Drive, memungkinkan system pembuangan panas yg handal , rendah distorsi dan berdaya keluaran tinggi. Woofer memiliki kumparan suara berukuran 3 inci. Kedua komponen speaker didukung oleh sebuah cabinet bass refleks dengan lubang udara yg besar, memunginkan sistem untuk dapat mereproduksi frekuensi rendah turun sampai ke 50 Hz dengan suara noise dan turbulensi yg minimal.

JBL seri M memungkinkan konfigurasi saluran ganda atau bi amplifikasi dan modus operasi pasif yg dapat diatur melalui saklar selektor. Ketika dialihkan ke modus pasif, sebuah jaringan titik persilangan internal akan bekerja mentenagai monitor seri M melalui satu buah saluran amplifikasi.

Speaker JBL seri M memisahkan kemampuan preset antara bagian DSP amplifikasi dan jaringan pasif internal. DSP eksternal bertanggung jawab untuk koreksi respon frekuensi , respon fase dan linearisasi serta perlindungan komponen , sementara jaringan internal hanya bekerja sebagai penyaring frekuensi tinggi dan rendah. Kombinasi dari kedua peran pemrosesan sinyal internal dan eksternal menghasilkan preset biamplifikasi yg tipikal sementara hanya menggunakan satu saluran daya amplifikasi saja.

Respon frekuensi,respon fase dan daya keluaran maksimum dari monitor JBL seri M ini identik di kedua modus operasi pasif dan bi amp.

Speaker Monitor Panggung JBL Pro VTX Seri M idealnya ditenagai oleh sistem amplifikasi Crown iTech HD yg berbasis DSP. Pada modus satu saluran , sebuah Crown 4x3500HD dapat menghantarkan tenaga yg cukup untuk delapan buah speaker monitor seri M (dalam empat campuran monitor mandiri), menghasilkan sebuah system pemantauan panggung yg bernilai tinggi.

Tagged : , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Comment