Speaker Sound System Jenis Kolom ( Column Array )

Speaker Sound System Jenis Kolom ( Column Array )

Speaker Sound System Jenis Kolom ( Column Array )

Karakteristik speaker berjenis kolom adalah cakupan horisontal yg lebar dengan dispersi vertikal yg minimal vertical dibagian atas dan bawah dari kabinet , dan hasil reproduksi suara yg koheren pada rentang suara vokal. Semua fitur di atas ideal untuk diaplikasikan pada sebuah sistem tata suara dalam ruangan yg sangat bergema.

Speaker kolom saat ini juga sudah mampu menyalurkan performa rentang penuh yg layak dan dapat diterima, lalu ini juga lebih jauh dapat diperpanjang dengan tambahan speaker subwoofer. Semua itu membuat speaker bernejis kolom ini menjadi semakin popular didalam berbagai aplikasi sound system live.

Ada dua jenis darinya ,salah satunya menawarkan kemampuan “menyetir” arah tembakan suara vertikal secara digital dan satunya lagi tidak.

Model yg dapat di setir secara digital memanfaatkan teknologi amplifikasi,penyaringan, delay dan penyelarasan suara di masing masing modul penggeraknya , memungkinkan cakupan vertikal dari speaker kolom untuk ditundukkan atau di dongakkan dan difokuskan untuk tembakan suara jarak dekat atau jauh , sedangkan cakupan horisontal tetap sama. Jenis presisi ini mampu membuat suara menjadi lebih rapat dan fokus kepada area yg dituju , selain meningkatkan kualitas kejelasan suara , ini juga menjadi pendekatan solusi sound system yg menarik.

Lebih dari satu dekade Renkus-Heinz telah menjadi pemimpin dalam teknologi speaker yg arah tembakan suaranya dapat disetir ,sejak pertama kali diluncurkannya speaker sound system Renkuz Heinz seri Iconyx pada tahun 2004.Sementara konsep speaker sumber baris atau line source telah ada paling tidak sejak tahun 1960an, perusahaan Renkuz Heinz inilah yg lebih dulu mengembangkan teknologi pemrosesan sinyal audio digital DSP dan amplifikasi audio untuk lebih jauh mencapai prinsip atribut desain dari sebuah speaker sumber baris line source.

Sekarang, mari kita ulas pengembangan speaker jenis ini dari beberapa pabrikan sound system ternama.

Kedua speaker Renkuz Heinz Iconyx dan IC Live untuk aplikasi sound system portabel dan instalasi sistem tata suara permanen kini dilengkapi dengan pembaruan Gen5 yg menyertakan teknologi UniBeam yg lebih jauh meningkatkan kemampuan penyetiran arah tembakan suara secara digital utuk membentuk pola cakupan suara.

Pembaruan Gen5 juga menyediakan modul amplifikasi audio master dan slave, dan terdapat juga sebuah speaker kolom hibrida yakni model IC16-8-RN, yg mana menggunakan 3 perangkat tweeter triple yg disandingkan dengan lima buah woofer 4 inci untuk frekuensi rendah dan tengah  untuk memperpanjang jarak dan kontrol frekuensi rendah selagi hanya menggunakan sebuah amplifikasi audio 8 saluran.

Lalu dengan pembaruan piranti lunak v2.1 dari RHAON II atau singkatan dari Renkus-Heinz Audio Operations Network menyediakan lebih dari 100 jenis pembaruan dan peningkatan performa.

Yg terbaru , speaker Renkuz Heinz Iconyx IC dan IC Live ICL-F tersedia dalam pilihan versi “RD” yg menawarkan dua koneksi jaringan audio Dante dengan transportasi audio dan nilai sampel sampai dengan 96 kHz. Subwoofer 15 inci ganda IC215S tersedia untuk melengkapi sistem speaker kolom Iconyx dan IC Live.

Selanjutnya ,RCF TTL6-A adalah sistem speaker sumber baris line source aktif 3 arah yg dirancang untuk kebutuhan sistem tata suara skala menengah sampai besar. Ditenagai oleh woofer ganda 12 inci, empat buah penggerak 6.5 inci dan sebuah penggerak kompresi 2 inci yg terpasang pada sebuah corong pemandu gelombang suara asimetris yg memungkinkan pengguna untuk menumpuk dua buah sistem bersamaan untuk mendapatkan kontrol karakteristik direksional. Direktivitas dari dsatu kabinetnya tercatat 90 x 30 derajat , +5/-25 derajat .

Sistem amplifikasi audio internal Kelas D masing masingnya dicocokkan dengan setiap komponen penggerak transduser, dan pemrosesan sinyal audio digital DSP 32-bit mengatur titik persilangan frekuensi dan pensejajaran , program EQ, reduksi gain sinyal masukan dan lain lain.

Panel belakang dilengkapi dengan sebuah enkoder putar untuk mengontrol semua fungsi yg tersedia, sementara sebuah area pemrosesan tersendiri tersedia melalui papan masukan RDNet yg terintegrasi untuk mengatur setiap parameter, termasuk secara remote.

Tersedia juga sebuah lubang tiang untuk proses integrasi bersama subwoofer TTS36-A, disamping berbagai jenis opsi aksesoris untuk instalasi.

L-Acoustics juga memiliki Syva, sistem speaker kolom pertama milik perusahaan, dilengkap dengan enam buah penggerak frekuensi tengah dan tiga transduser frekuensi tinggi dalam bentuk cekungan J progresif.

Sebuah penataan transduser yg di sebut dengan segmen sumber menghasilkan cakupan pola direktivitas  140 x 26 derajat (H x V) yg dapat disesuaikan sampai dengan +5/-21 derajat.

Speaker d&b audiotechnik seri xC pasif terdiri dari model speaker kolom 16C, 24C dan 24C-E. Satu buah kontoler amplifikasi LA4X mampu mentenagai sampai dengan empat buah kabinet Syva yg mana dapat dipasang baik di temple ditembok ,ditumpuk diatas speaker Syva Low atau modul subwoofer dan digantung.

Model 24C diisi dengan enam buah penngerak frekuensi tengah / rendah berdiameter 4 inci dan enam buah tweeter kubah 1.1 inci yg dibariskan secara vertikal, dengan tambahan 24C-E untuk ekstensi sistem dengan enam buah tambahan penggerak 4 inci.

Sistem speaker ini dapat dipadankan dengan subwoofer Syva Low subwoofer (12 inci ganda ) atau ekstensi Syva Sub infra (satu buah 12 inci).

Model 16C yg lebih kecil diisi dengan empat buah penggerak frekuensi tengah / rendah 4 inci dan sebuah corong. Penggerak 4 inci merambat melalui corong pemandu gelombang suara dibagian depan dan lubang udara dibelakangnya , dengan hasil pola cakupan dispersi berbentuk hati atau kardioid, bersama dengan nilai sudut dispersi nominal yg tidak lebih dari 90 derajat , meminimalisir bocoran emisi samping yg disebabkan oleh pantulan dinding di frekuensi rendah dan tengah.

Kontrol direktivitas vertikal untuk model 24C tercatat mampu turun sampai 370 Hz, naik satu oktaf penuh ketika dipasangkan dengan 24C-E. Serangkaian model subwoofer dapat dipadu padankan dengan speaker seri  xC.

Selanjutnya ada speaker kolom seri QR dari Alcons Audio yg diisi dengan tiga buah model rentang penuh dan satu buah unit speaker penggerak frekuensi rendah. Model paling besar adalah QR36 yg memanfaatkan enam buah penggerak 6.5 inci dalam kabinet berjenis vented atau berlubang dan dua buah penggerak frekuensi tinggi berjenis pita atau ribbon bertaraf professional RBN1801.

Untuk performa maksimal , Alcons audio QR36 harus ditenagai menggunakan sebuah kontroler amplifikasi ALC. Dapat juga dipadukan dengan modul ekstensi rendah / tengah QM36 dan modul frekuensi rendah QB363 (tiga buah 12 inci ), yg mana dapat ditumpuk untuk membentuk sebuah barisan kabinet bass.

Menyediakan radiasi aktif sebesar 91 persen , yg bilamana dikombinasikan dengan gelombang depan silindris alami yg rata (Isophasic) dari pita ribbon akan memaksimalkan dorongan gain sebelum umpan balik feedback dibagian depan atau dibawah kabinet.

Opsi tambahan didalam seri ini termasuk model QR24 (empat buah penggerak 6.5 inci dengan pita ribbon ganda) dan Alcons QR18 (tiga buah woofer 6.5 inci dengan satu buah penggerak pita ribbon).

Dua model speaker kolom dari seri LS milik EAW dirancang untuk kebutuhan instalasi sound system permanen.

Model EAW LS432i yg lebih kecil dibekali dengan empat buah komponen penggerak 4 inci bersama dengan tiga buah tweeter kubah berukuran 1 inci, dan tercatat mampu menyediakan cakupan vertikal 20 derajat pad afrekuensi dibawah 1,000 Hz.

Sedangkan EAW LS832i yg lebih besar diisi dengan delapan buah komponen woofer 4 inci yg juga dipadukan bersama tiga buah tweeter , mampu menyediakan pola cakupan vertikal 20 derajat dibawah 630 Hz dan 45 derajat pada frekuensi 500 Hz. Dengan desain kabinet yg menyerupai busur , komponen penggerak dibentuk melengkung untuk membantu mencegah pola sebaran suara dalam sudut vertikal agar tidak jatuh kedalam ranah titik persilangan frekuensi.

Berikutnya, K-array KP102 hadir dengan fitur 12 buah transduser berdiameter 3.15 inci yg dirumahkan dalam sebuah sasis baja yg sangat ramping. Jarak yg dekat antar komponen penggerak meningkatkan koherensi fase dan fokus sementara mengurangi kadar distorsi. Pola dispersi suara pada sudut vertikal dapat diperalihkan pada modus cakupan lebar atau sempit untuk mencocokkan sistem kedalam berbagai kebutuhan aplikasi sound system professional.

Disaat yg sama , komponen penggerak berperan sebagai radiator langsung pada bidang horisontal, memberikan kemampuan cakupan horisontal seluas 140 derajat. Titik persilangan frekuensi pasif internal / jaringan penyaringan menggunakan lekukan asimetris untuk diintegrasikan bersama sistem subwoofer.

Berbagai aksesoris instalasi menyediakan opsi sambungan dan penggantungan serta pilihan untuk mengkombinasikan model KP52 dalam konfigurasi vertikal dan horisontal.

Untuk proses integrasi yg lebih mudah dengan speaker atau sistem amplifikasi lainnya, K-Array KP102 juga mempunyai saklar pilihan beban impedansi 16 atau 4 ohm. Pada beban 16 ohm, sebanyak empat buah KP102 dapat ditenagai oleh satu perangkat amplifikasi audio pada beban 4 ohm ( dua pada impedansi 8 ohm).

Dapat pula terintegrasi dengan beberapa model subwoofer aktif K-array seperti model KMT12, KMT18, KMT21 dan KMT218 yg dikonfigurasi dengan preset yg spesifik. Sebagai tambahan, sistem amplifikasi K-array seri KA telah memiliki preset yg teroptimasi untuk KP102.

Speaker dBTechnologies seri INGENIA terdiri dari empat model. Model yg paling besar IG4 T dilengkapi dengan empat buah penggerak 6.5 inci dan sebuah penggerak kompresi 1.4 inci. Kesemua model dari seri ini dirancang untuk bekerja secara mandiri, dan mereka juga dapat dipadankan dengancara membalik kabinet speaker lalu ditumpuk satu sama lain.

Via teknologi infra merah , adanya speaker kedua akan terdeteksi dan sebuah bantuan konfigurasi internal secara otomatis akan mempersiapkan sistem untuk mengoptimasi daya cakupan dan koherensi faktor akustik.

Desain corong dari INGENIA simetris secara horisontal dan asimetris pada bidang vertikal. Artinya , dispersi horisontal tetap lebar sementara cakupan vertikal menyempit pada bagian frekuensi atas dan melebar pada frekuensi rendah. Penyesuaian cakupan selanjutnya dapat dilakukan melalui penyetiran digital. Kontrol pengguna dapat diakses melalui sebuah layar tampilan OLED.

Speaker kolom aktif Meyer Sound seri CAL diisi oleh tiga buah model yg memanfaatkan teknologi pemrosesan sinyal audio digital DSP milik perusahaan D-Mitri. Setiap komponen penggerak didalam speaker Meyer CAL ditenagai oleh saluran amplifikasi tersendiri untuk mengontrol sifat sebaran suara vertikal secara akurat. Arah tembakan suara vertikal dapat didongakkan atau ditundukkan sebesar 30 derajat dan dapat dikonfigurasi dengan lebar tembakan suara mulai dari 5 sampai 60 derajat.

Beberapa tembakan suara terpisah dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan. Speaker Meyer CAL juga menyertakan dua portal Ethernet AVB untuk menerima sinyal audio sebagai sumber sinyal. Portal menyediakan kontrol via komputer melalui piranti lunak Compass, memungkinkan kontrol tembakan suara dan pemantauan RMS dari setiap speaker yg berada didalam jaringan secara real time.

Beris produk speaker Tannoy seri QFlex diisi oleh empat buah modul dasar (8 saluran master/slave dan 16 saluran master/slave), semuanya dengan algoritme handal dan jarak fisik antar transduser yg padat. Mereka diciptakan sebagai dasar untuk rentang konfigurasi yg luas , sampai dengan 64 saluran barisan . Kontrol arah tembakan suara yg disediakan adalah +/- 70 derajat untuk menangani berbagai jenis aplikasi sistem tata suara.

Modul ini memanfaatkan pemrosesan sinyal audio digital DSP generasi terbaru dari prosesor SHARC,protokol jaringan V-Net dan amplifikasi multi kanal Kelas D. Selanjutnya , pengguna dapat memilih antara dua preset kofigurasi penyetiran untuk berbagai jenis ruangan. Tannoy QFlex dapat terhubung dalam jaringan dengan produk Tannoy V-Net lainnya , dan GUI BeamEngine terintegrasi dengan EASE Focus v2, menyediakan pemodelan barisan speaker yg akurat. Tannoy QFlex menerima dan menghantarkan audio digital via arus AES3, dan akses jaringan juga tersedia via sebuah koneksi Dante.

Ramsdell Pro Audio seri LTA menawarkan beberapa opsi diranah ini. Contohnya , model LTA 8-6 menggunakan delapan buah komponen penggerak 6.5 inci yg disandingkan dengan satu buahpenggerak kompresi 1.4 inci dan dapat dengan mudah dikombinasikan bersama speaker subwoofer BP SD21 dalam bentuk paket sound system portabel yg cepat dipersiapkan serta mampu menyesuaikan berbagai cakupan area pendengar. Dispersi suara yg tercatat adalah 120 x 40 derajat (H x V).

Model lainnya yg berbagi desain yg sama adalah LTA 10-4 (empat buah woofer 10 inci ). Di sisi yg lain, speaker LTA Compact 12 diisi dengan satu lusin woofer berdiameter 4 inci dalam bentuk barisan yg sedikit melengkung , dengan satu buah penggerak kompresi 1 inci di tengah tengahnya.

Opsi tambahan lainnya terdiri dari model speaker LTA Compact 8 (delapan buah konus 5.25 inci ) dan Compact 6 (enam woofer 4 inci). Dengan model model ini, beberapa barisan speaker dapat dipadukan secara vertikal untuk daya keluaran suara yg lebih tinggi dan kontrol pola sebaran suara yg lebih baik pada frekuensi yg lebih rendah , dan mereka juga dapat digunakan bersama beberapa model speaker subwoofer seri TL.

Carvin Audio memiliki TRx3903 untuk berbagai aplikasi sistem tata suara , dengan speaker kolom yg dijual terpisah atau sebagai paket multi elemen yg juga berisi subwoofer aktif TRx3018A yg bertindak sebagai struktur dasar untuk modul speaker rentang penuh. Carvin TRx3903 diisi dengan 9buah komponen penggerak 3 inci yg menyediakan cakupan horisontal seluas 120 dreajat. Teknologi CDD atau singkatan dari Constant Delivery Dispersion dirancang untuk membantu respon fase linar mulai dari frekuensi 160 Hz sampai 18 kHz dengan proyeksi yg seragam.

Carvin TRx3903 memiliki dimensi ukuran lebar 5 inci, bersama dengan lubang tiang dibagian atas dan bawah membuatnya mudah dan cepat untuk dipersiapkan. Beberapa aksesoris tambahan memfasilitasi proses opsi metode instalasi seperti ditumpuk dan digantung, sebuah tiang speaker pendek tersedia untuk aplikasi sound system semi permanen.

FBT CLA604A adalah model paling besar didalam keluarga produk FBT VERTUS seri CLA , sebuah speaker dua arah bi amplifikasi yg dirancang dengan enam buah komponen transduser 4 inci dan empat buah tweeter kubah yg terpasang pada sebuah corong pemandu gelombang suara.Sistem amplifikasi internal Kelas D menyalurkan daya sebesar 400 watt ke bagian woofer dan 100 watt ke bagian tweeter, dan dilengkapi juga dengan pemrosesan sinyal audio digital DSP dengan empat preset penyelarasan EQ. respon frekuensi tercatat pada 130 Hz sampai 20 kHz, dan tingkat tekanan suara SPL maksimum 125 dB. Sebuah panel kontrol menyediakan akses ke fungsi pengaturan volume, preset, saringan high pass, saklar sumber dll.

Sebuah sistem kancing memungkinkan proses ekstensi perpanjangan sistem dengan tambahan modul CLA604A, bersama dengan opsi penyesuaian sudut horisontal +/-30 derajat. FBT CLA 208SA (8 inci ganda) direkomendasikan sebagai unit subwoofer pelengkap.

Speaker sound system Turbosound iNSPIRE iP2000 adalah sebuah sistem tata suara modular yg diisi dengan speaker kolom rentang penuh dan sebuah subwoofer pelengkap berdiameter 12 inci. Setiap dari speaker kolomnya diisi dengan 16 buah komponen penggerak 2.75 inci ditambah sebuah tweeter yg terpasang pada sebuah corong.Fitur Klark Teknik SST atau singkatan dari Spatial Sound Technology membantu menciptakan lingkungan akustik “3D” selagi menyediakan preset DSP untuk beragam jenis aplikasi dan posisi penempatan speaker.

Sebuah prosesor 24 bit berfungsi menganalisa sinyal yg masuk dan menerapkan saringan yg spesifik, membuat penyesuaian titik persilangan frekuensi , kompresor/pembatas , tiga saluran amplifikasi Kelas D dll. Terdapat juga mixer digital 3 saluran. Aplikasi kontrol remote Turbo Control tersedia untuk perangkat iPhone dan iPad. Turbosound iP2000 adlaah model paling besar dalam rentang produk speaker Turbosound seri iNSPIRE yg juga diisi oleh model iP1000 dan iP500 yg leih kecil.

Speaker Kolom Array JBL CBT 70J-1 adalah salah satu model didalam rentang keluarga produk JBL Professional Seri CBT, speaker ini adalah sebuah sistem speaker kolom dua arah dengan cakupan vertikal asimetris yg memperpanjang cakupan sampai jarak yg lebih jauh dari area pendengar. Teknologi Constant Beamwidth Technology atau disingkat CBT dirancang untuk meningkatkan konsistensi kontrol pola, memanfaatkan pembentuk tembakan suara analog yg rumit dan peruncing amplitudo untuk menghasilkan cakupan suara vertikal yg tidak “pecah” dan “kuping.” di area luar jangkauan

speaker-sound-system-column-array

Speaker Sound System Jenis Kolom ( Column Array ) JBL CBT 70J-1 diisi dengan empat buah woofer 5 inci yg dipadankan dengan enam belas buah tweeter kubah 1 inci. Cakupan pola vertikal dapat diperalihkan antara 45 derajat untuk tembakan suara jarak menengah dan 25 derajat untuk aplikasi lemparan suara jarak jauh. Pola penyuaraan juga dapat diperalihkan dengan pilihan respon flat dalam modus musik dan rentang tengah yg lebih dominan pada modus bicara. Fitur SonicGuard menyediakan perlindungan kelebihan beban pada perangkat frekuensi tinggi.

Tagged : , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Comment