speaker sound system NEXO P+ Series

speaker sound system NEXO P+ Series
December 21, 2020 No comment

NEXO telah memperluas baris produk speaker sound system P+ Series mereka dengan meluncurkan model pengeras suara berjenis point source P15 yang baru. P15 adalah sebuah speaker koaksial berukuran 15 inci yang dirancang untuk kedua aplikasi front-of-house (FOH) dan sistem pemantauan panggung yang diluncurkan bersama sama dengan subwoofer L18 yang baru.

NEXO P15 yang baru, bergabung bersama model P8, P10 dan P12 didalam seri ini dan memanfaatkan kinerja dan desain yang menjadi ciri khas dari model model P+ Series lainnya. Kabinet kurvilinear yang dibangun dari bahan kayu lapis birch dan poplar and poplar yang merupakan ciri khas yang unik dari setiap pengeras suara NEXO P+ Series, dengan lengkungan kayu yang didesain untuk meningkatkan kekokohan dari kabinet speaker.

Desain 2 arah pasif/aktif tercatat mampu menyalurkan kinerja SPL puncak ( tingkat tekanan suara ) sebesar 139 dB (pasif) sampai 141 dB (aktif) dari komponen penggerak koaksial 15 inci bermagnet neodymium dengan kumparan suara voice koil 3.5 inci. Respon frekuensi tercatat mulai dari 57 Hz sampai 20 kHz. NEXO P15 memiliki bobot seberat 51 pon (23 kg) dan berdimensi 21 x 17 x 12.3 inci (531 mm x 432 mm x 317 mm).

“Setiap dari aplikasi sistem tata suara live dan instalasi sound system permanen mempunyai kebutuhan peralatan audio yang berbeda,” kata Preston Gray, direktur pemasaran dari Yamaha Professional Audio. “Dengan tambahan speaker pengeras suara NEXO P15 yang baru, P+ Series kini menawarkan berbagai opsi konfigurasi sistem yang fleksibel bagi para insinyur dan integrator untuk menciptakan sebuah solusi sound system yang tepat guna. Ditambah, speaker speaker pengeras suara ini sangat cocok dengan konsol mixer pencampuran audio, sistem amplifikasi dan berbagai teknologi audio milik kami untuk membentuk sebuah solusi alur kerja audio lengkap dari awal sampai akhir.”

“Daya multiguna dari NEXO P+ Series sangat relevan disaat saat seperti sekarang ini,” tambah Gareth Collyer, direktur penjualan dan pemasaran NEXO. “Selagi panggung acara dan perusahaan produksi menyesuaikan area area pendengar indoor dan outdoor untuk mengakomodasi pembatasan jarak sosial, daya portabilitas dan pertukaran kabinet kabinet dari P+ Series sangat berguna. P15 adalah produk pengeras suara multifungi yang ideal untuk teater, sanggar seni dan fasilitas ruang olahraga, memperluas kemampuan mereka untuk menangani berbagai pertunjukan yang berbeda.”

“Hal ini merupakan tugas yang paling menantang bagi tim riest dan pengembangan kami,” jelas  François Deffarges untuk NEXO, “Dalam hal bagaimana merancang sebuah penerus dari produk produk yang masih ada di gudang kami, masih laku dalam jumlah yang besar dan masih rutin memenangkan adu demo sound system. Kebanyakan insinyur audio pernah menangani NEXO PS15 dititik tertentu dalam karirnya, jadi ini adalah salah satu peluncuran yang paling diantisipasi dalam 40 tahun sejarah perjalanan perusahaan kami.”

Menurut direktur R&D Joseph Carcopino, NEXO telah mendapat masukan masukan berharga dari pasar pada tahun pertama dari P+ Series: “Sejak peluncuran model P12, kami merubah desain dari komponen komponen kami untuk mengoptimalkan bagian konus dan kumparan voice koil, menyediakan keseimbangan yang sempurna antara kemampuan daya dan bobot, bahkan mencapai sebuah perpanjangan respon frekuensi di ujung bawah. Penyeteman bass-refleks diterapkan lewat dua buah lubang angin yang dirancang dengan bentuk khusus untuk menjamin kadar distorsi yang serendah mungkin, bahkan pada level pengoperasian yang tinggi.”

Sebuah saklar pada bagian belakang kabinet memungkinkan P15 untuk dapat dikonfigurasi dari modus pasif menjadi aktif. Corong pemandu gelombang suara dengan direktivitas variabel dapat dipertukarkan dari standar bawaan 60 x 60 derajat menjadi 90 x 40 derajat atau asimetris 50-100 x 40 derajat. (Tersedia sebagai aksesoris tambahan.) Pergantian antar direktivitas suara yang berbeda dapat dilakukan dengan melepas kisi kisi baja dan mengganti mulut corong, yang terpasang menggunakan sebuah dudukan magnetik.

Kabinet menyertakan pegangan pegangan samping yang besar di setiap sisinya bersama dengan sebuah lubang tiang standar 35mm, dilengkapi sebuah konektor Speakon dan lubang ulir untuk menghubungkan aksesoris instalasi. Pelat belakang memiliki dua konektor Speakon lainnya dan saklar untuk merubah modus operasi kabinet dari pasif menjadi modus aktif. Versi instalasi permanen dari P15 hanya tersedia dalam varian pasif, dengan sebuah perlindung untuk kabel speaker isi 2 sebagai masukan audio, menjamin unit terlindungi dengan nilai IP54.

speaker-sound-system-nexo-pSementara subwoofer NEXO L18 yang baru adalah sebuah model sub bass horn loaded ( isian corong ) dengan komponen woofer tendangan eksursi tinggi 18 inci. Tercatat mampu menyediakan level keluaran puncak yang tinggi sebesar 140 dB. NEXO P15 dapat dipasang diatas lubang tiang kabinet subwoofer L18, dipasang di permukaan dinding, atau digantung dalam orientasi landscape ( tidur ) diatas sebuah kabinet L18 menggunakan aksesoris braket yoke khusus.

Dibangun dari bahan kayu lapis kustom setebal 15 mm yang dibengkokkan, subwoofer NEXO L18 memiliki bobot sekitar 110 pon (50 kg), catat Carcopino, “Komponen transduser 18-inci bermagnet neodymium dengan kumparan voice koil berdiameter 4.5 inci menawarkan kekokohan yang mantap dan kapasitas perpindahan yang tinggi”

Subwoofer L18 juga dapat dipakai bersama dengan pengeras suara yg ukurannya lebih kecil, contohnya  P12, dan berbagi aksesoris instalasi yang sama dengan model lainnya didalam rentang produk P+ Series, membuatnya sangat menarik bagi perusahaan penyewaan rental alat sound system professional.

sistem-amplifikasi-terkontrol-nexo-nxamp4x2mk2Kedua model NEXO P15 dan L18 didesain untuk bekerja bersama dengan sistem amplifikasi terkontrol NEXO NXAMP4x2mk2. Algoritma pemrosesan sinyal audio baru dirancang untuk mengoptimasi pencocokan antara tendangan maksimum dari L18 dengan kapasitas tegangan keluaran daya dari NXAMP4x2mk2, menghasilkan suara yang dinamis tanpa memicu batas termal dari komponen penggerak. NEXO NXAMP4x2mk2 juga menawarkan sebuah pengaturan tingkat latency minimum tersendiri, kompatibel dengan pengaturan monitor dari P15.

Speaker sound system NEXO P15 dan subwoofer L18 yang baru tersedia dalam pilihan warna hitam dan putih (warna RAL lainnya sesuai permintaan ), serta versi instalasi permanen dan tur.

Tagged : , , , ,

Leave a Comment