Speaker Subwoofer Aktif Yamaha DXSmkII

Speaker Subwoofer Aktif Yamaha DXSmkII

Yamaha tahun ini meluncurkan Speaker Subwoofer Aktif Yamaha DXSmkII yg terdiri dari dua model yakni DXS12mkII dan DXS15mkII, keduanya adalah generasi penerus dari produk sound system portabel milik Yamaha yg dirancang untuk menyalurkan reproduksi suara frekuensi rendah yg bersih, nendang dan kencang.

Kedua model subwoofer Yamaha DXS12mkII dan DXS15mkII dirumahkan dlam sebuah kabinet bandpass unik yg diisi dengan sistem amplifikasi Kelas D dengan daya puncak sebesar 1,020 watt. Tingkat tekanan suara SPL maksimum tercatat pada angka 134 dB dan 135 dB masing masingnya, dengan respon frekuensi turun sampai ke 42 Hz dan 40 Hz.

Dikarenakan sistem amplifikasi didalamnya tidak membutuhkan sistem pendinginan aktif, subwoofer dapat berjalan pada tingkat volume yg tinggi untuk jangka waktu yg lama dan tidak beresiko mengalami pemadaman termal atau masalah distorsi.

Konektivitas telah mengalami perbaikan dari model Yamaha DXS yg sebelumnya memiliki saluran keluaran XLR thru menyalurkan keluaran sinyal rentang penuh dari saluran masukan ke setiap unit speaker yg terhubung, sementara pada model Yamaha DXSmkII yg baru , saluran keluaran ini sudah dibekali dengan fitur saringan high pass yg artinya kesemua fungsi titik persilangan frekuensi sudah ditangani subwoofer ini.

Daam konfigurasi ini, speaker aktif yg terhubung seperti model Yamaha DXR datau seri DBR dapat secara penuh menangani frekuensi menengah atas yg tidak ditangani oleh subwoofer DXSmkII. Desainnya dirancang untuk menyediakan proyeksi suara yg lebih baik secara keseluruhan dan menyediakan sebuah kinerja sistem tata suara yg tepat guna diseluruh spektrum frekuensi.

Untuk memasang sebuah speaker rentang penuh di atas unit subwoofer, kedua subwoofer aktif ini kini menyediakan sebuah soket ulir M20 disamping lubang tiang speaker standar 35 mm non ulir. Untuk memfasilitasi penumpukan langsung, bagian atas kabinet subwoofer didesain untuk meminimalisir getaran yg tidak diinginkan. Lebih lanjut, konstruksi kayu multiplek yg baru mengalami penurunan sebanyak 2,7 kg dibanding dengan pendahulunya.

Speaker Subwoofer Aktif Yamaha DXSmkII baru diperkenalkan di pameran NAMM 2018 dan sampai saat artikel ini diterbitkan, belum ada informasi lebih lanjut mengenai ketersediaan dan harganya di Indonesia.

Tagged : , , ,

Leave a Comment