Teknik Memanfaatkan EQ Untuk Menghilangkan Suara Hum

Teknik Memanfaatkan EQ Untuk Menghilangkan Suara Hum

Teknik Memanfaatkan EQ Untuk Menghilangkan Suara Hum

Secara alami, listrik yg menyebabkan munculnya suara hum memiliki frekuensi dasar 60Hz ( sejak dinamakan suara hum 60 putaran ) dan harmonik dari volume yg berbeda pada interval 60Hz seperti 120Hz, 180Hz dst yg berjalan dikeseluruhan spektrum frekuensi suara.

EQ yg diset ke titik frekuensi harmonik 60Hz dapat digunakan sebagai penyaring yg akan bekerja mengatasi frekuensi yg mengganggu.

Hal yg perlu kalian perhatikan adalah untuk melebarkan nilai Q ,hal ini diterapkan untuk meminimalkan efek yg akan mengurangi kualitas suara secara keseluruhan.

Perangkat EQ saat ini sudah mengalami banyak perkembangan pesat. Kalian bisa menggunakan unit EQ eksternal baik yg berbentuk grafis maupun parametrik . Keduanya dapat kalian temukan didalam perangkat konsol pencampuran audio digital hari ini.

eq filterPenggunaan filter penyaringan frekuensi tinggi yg diatur ke angka 60Hz atau 120Hz juga dapat mengurangi sebagian hum dengan efektif. Tentunya ,pada instrumen bass ,filter penyaringan frekuensi tinggi dapat membuang frkuensi rendah yg dibutuhkan , dan fitur ini harus digunakan dengan pertimbangan yg matang.

Pada sebuah gitar bass elektrik dengan pick up single koil, pengaturan penyaringan frekuensi tinggi sampai dengan nilai 120Hz akan menghilangkan sebagian besar suara bass rendah, ini akan menyebabkan suara bass yg lemah dan kurang berisi.

Namun karena tidak biasanya suara bass dipotong pada frekuensi 50Hz, potongan pada frekuensi 60Hz akan cukup untuk menangani masalah hum dengan efek yg minimal ke keseluruhan nada.

Disisi lainnya, sebuah gitar elektrik yg dibekali pick up single koil, filter frekuensi tinggi dapat diset ke angka 120Hz tanpa mempengaruhi fundamental suara gitar itu sendiri.

Sebaiknya kalian mencoba berbagai teknik EQ dan lihat mana pengaturan yg menghasilkan suara paling sesuai dengan kebutuhan kalian.

Seringlah bereksperimen dengan pengetahuan yg kalian miliki untuk mendapatkan pemahaman yg fasih. Jam terbang dan latihan akan mempertajam kemampuan kalian dalam melakukan setting sound system yg baik dan tepat.

Akhir kata ,semoga bahasan Teknik Memanfaatkan EQ Untuk Menghilangkan Suara Hum kita kali ini dapat memperluas wawasan dan kemampuan kalian dalam bidang sound system profesional. Salam

Tagged : , , , , , , , , , , ,

Leave a Comment