Teknik Menangkap Suara Bass Kick Drum

Teknik Menangkap Suara Bass Kick Drum

Teknik Menangkap Suara Bass Kick Drum

Berikut ini adalah metode lama namun sangat efektif dalam memanfaatkan mikrofon untuk menangkap suara kick drum.

Gunakan sebuah speaker berukuran 10 inci untuk menangkap frekuensi rendah dari bass drum, kali ini kami menggunakan konus dari Yamaha NS10 sebagai contoh.

Tanpa banyak teori , sebuah mikrofon dinamik dan sebuah speaker adalah bagian penting sejak keduanya adalah transduser. Keduanya menangkap energi akustik dan mengkonversinya menjadi energi elektrik atau sebaliknya.

Jadi yg perlu kalian lakukan adalah mengeluarkan komponen speaker sound system dri kotaknya dan pasangkan sebuah konektor XLR cowok pada ke terminal koneksi pada unit speaker. Pin no 2 ke terminal positif  (+) dan Pin no 1 ke terminal negatif (-), pin no 3 tidak digunakan.

Hal lainnya adalah proses memasangkan unit speaker ke sebuah tiang yg merupakan tantangan selanjutnya, dan alasan utama untuk membeli modul Yamaha Subkick adalah karena unit ini mudah dipasang dan fungsional.

Salah satu cara untuk memasang unit speaker adalah dengan menggunakan sebuah jepitan mikrofon standar dan disisipkan ke sudut lubang dibibir speaker, jika speaker yg kalian gunakan memiliki lubang di keempat sudutnya. Atau kalian dapat memasangnya ke sebuah boom mikrofon atau gooseneck secara permanen.

Keluaran suara dari subkick sangat kencang, artinya kalian perlu untuk mengatenuasi sinyalnya untuk dapat digunakan. Manfaatkan bantalan pad -20 dB, pad pada preamp mikrofon atau yg sudah terpasang diunit mikrofon bila ada.

Ada seorang teman kami yg bereksperimen dengan memanfaatkan sebuah resistor 10k Ohm secara seri pada pin 2 dan sebuah resistor 1k Ohm di kedua pin 1 dan 2 untuk menurunkan nilai output sebesar 20 dB.

teknik-menangkap-kick-drumPenempatan mikrofon : titik yg umumnya akan mengeluarkan hasil suara yg paling baik adalah pada sudut kick drum di sambungan kulitnya. Cobalah juga dibawah floor tom.

Lalu kenapa kami menggunakan konus dari Yamaha NS10? Alasan pertama adalah rata rata di dalam studio kalian akan menemukan sepasang speaker monitor NS10 , alasan lainnya adalah kalian bisa memprediksi hasil suaranya,dan respon frekuensi dari produk ini bekerja dengan sangat baik.

Selain itu ,kalian bisa menggunakan speaker apa saja terserah kalian, tentunya dengan hasil suara yg pasti berbeda.Salam

Tagged : , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Comment