Teknik Penempatan Subwoofer

Teknik Penempatan Subwoofer

Teknik Penempatan Subwoofer

Jika kalian pernah membuat setup sound system disebuah ruang studio dengan konfigurasi 2.1 ( 2 satelit dan 1 subwoofer ) dan hasil suara bassnya tidak seperti yg diharapkan,meskipun kalian sudah memasangnya sesuai dengan diagram yg tertulis di buku manual .Mungkin kalian salah menempatkannya. Faktanya , seringkali unit subwoofer ditempatkan pada kolong meja yg adalah posisi yg kurang tepat.

Berikut adalah hal hal yg harus kalian ingat dalam menempatkan unit subwoofer. Memilih posisi yg tepat untuk speaker subwoofer kerap kali menjadi pekerjaan yg cukup rumit mengingat penempatannya selalu relatif dan tidak sama antara satu ruangan dengan ruangan yg lainnya dikarenakan perbedaan karakter akustik ruangan.

Beberapa eksperimen perlu dilakukan, terlebih jika memasang sistem pemantauan yg baru didlaam sebuah ruangan studio.

Syarat utamanya adalah lokasi penempatan subwoofer tidak boleh terdengar jelas.

Salah satu metode untuk menemukan posisi yg optimal adalah dengan menempatkan unit speaker subwoofer di depan posisi mendengar dan memainkan materi program dengan kadar frekuensi rendah yg signifikan. Lalu coba dengarkan suara bass yg dihasilkan diberbagai posisi di dalam ruangan dan pilihlah lokasi yg menghasilkan respon bass yg paling halus.

Lokasi ini lalu didapuk sebagai pilihan terbaik untuk titik penempatan akhir subwoofer . Ingat bahwa sinyal yg masuk kedalam subwoofer harus dibatasi mulai dari frekuensi 80 sampai 120 Hz dan searah dengan naiknya titik persilangan frekuensi , kemampuan untuk menemukan posisi unit speaker pun ikut meningkat.

Oleh karena saluran frekuensi rendah dimungkinkan untuk memiliki materi suara sampai dengan 120 Hz, direkomendasikan untuk mengatur titik persilangan frekuensi pada unit subwoofer pada nilai 120 atau di lewatkan (sementara manajemen saringan bass akan menangani sisa pemotongan frekuensinya).

Meskipun demikian , mempertahankan titik frekuensi persilangan pada nilai 80 Hz menyediakan fleksibilitas dalam menempatkan unit subwoofer milik kalian.

Banyak studio rumahan dan ruang kontrol seringkali dipasang dengan metode simetris, contohnya dibawah meja tepat ditengah antara kedua buah speaker monitor.

Namun , penempatan secara simetris didalam ruangan yg juga simetris seringkali menghasilkan gelombang suara berdiri yg simteris pula dan respon ruang yg tidak rata. Dengan menempatkan subwoofer sedikit digeser keluar dari garis simetris akan memberikan hasil yg lebih memuaskan. Penggunaan unit subwoofer yg kedua juga dapat membantu memperhalus masalah respon ruang yg tidak rata.

Tagged : , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Comment