Speaker Aktif Yamaha Seri DBR

Speaker Aktif Yamaha Seri DBR
September 22, 2014 No comment

Yamaha profesional audio divisi Amerika mulai memperkenalkan penambahan dua model baru kedalam barisan produk sound system portable mereka ,yaitu Speaker Aktif Yamaha Seri DBR dan versi pasif CBR.

Speaker seri DBR yang baru merupakan pengembangan dari seri DSR dan DXR yang muncul setelah proses akuisisi perusahaan pembuat speaker terkenal asal Perancis Nexo Audio, seri ini terdiri dari tiga model yakni DBR10, DBR12 dan DBR15.

Ketiga model tersebut dibangun dengan teknologi Yamaha FIR-X yang mengakomodasi filter fase linear untuk bagian crossover audio, menawarkan respon suara yang lebih akurat dan halus serta meningkatkan kejernihan dan pencitraan stereo.Disamping itu ,fitur pemrosesan dinamis multi band D-CONTOUR memberikan optimasi pengaturan untuk kedua aplikasi FOH ( Front Of House ) dan monitor panggung.

Speaker seri DBR juga memanfaatkan fungsi perlindungan yang sama seperti yang terdapat di power amplifier audio Seri Yamaha TXn, menawarkan kinerja yang stabil dalam kurun waktu pengoperasian yang panjang.

Amplifier audio Kelas D sanggup memuntahkan power sebesar 1,000 watt, membantu mendorong kemampuan SPL maksimum sampai ke titik 132 dB. Komponen transduser dipilih dengan teliti dan disesuaikan dengan spesifikasi dari power amplifier agar dapat bekerja optimal dengan tingkat distorasi suara yang seminimal mungkin.

Baris produk yang baru ini juga dilengkapi dengan corong berteknologi tinggi dari Yamaha yang akurat yang memproyeksikan suara bass, mid, dan tinggi keseluruh jangkauan area pendengar selebar mungkin.

Desain kabinet dibangun dari bahan plastik ringan yang kuat dengan tambahan penutup gril dari baja dan pegangan yang ergonomis untuk proses tranportasi dan setup yang mudah. Sudut kemiringan 50 derajat disediakan untuk memfasilitasi kebutuhan pemantauan panggung, sedang bentuk simetris dari kabinet speaker DBR12 dan DBR15 memungkinkan unit untuk dikonfigurasi dalam modus tampilan identik. Semua model dilengkapi dengan titik gantung yang cocok dengan braket speaker dan eyebolt pada umumnya.

Masing masing dari model speaker DBR juga menyertakan 2 channel mixer yang mudah untuk digunakan.Sebuah masukan kombinasi di saluran pertama dapat menerima kedua model konoktor XLR dan TRS untuk kedua input mikrofon dan input jack sedangkan pada saluran kedua terdapat koneksi RCA untuk fasilitas input audio dari pemain CD atau sumber stereo lainnya yang sejenis. Mixer menyediakan kemampuan untuk melakukan untuk seleksi kedua CH1+2 lalu di MIX, atau  CH1 THRU untuk meneruskan sinyal dari CH1 ke CH2.

Model speaker pasif Seri CBR juga tersedia dalam tiga pilihan model yaitu CBR10, CBR12 dan CBR15. Mereka memiliki bobot yang lebih ringan ketimbang Seri DBR dan tidak membutuhkan kabel power,menjadikan merekan mudah untuk diadaptasikan ke dalam sistem portabel audio dan instalasi sound permanen dimana suplai daya dapat disentralisasi.

Seri CBR menawarkan desain kabinet yang sama dengan seri DBR dan dilengkapi dengan sebuah konektor jack speakON dan mono plug ¼ inci, memberikan kemudahan konektivitas untuk kedua aplikasi sound system personal dan profesional.

Model Yamaha CBR diatur dengan jaringan crossover pasif yang dibangun dengan presisi melalui analisa yang mendalam,hasilnya adalah reproduksi suara yang berkualitas tinggi serta minim akan distorsi,walaupun pada tingkat output yang tinggi disaat bekerjasama dengan power amplifier seperti Seri PS Series atau power mixer Seri EMX. Sebagai tambahan sebuah sirkuit perlindungan membatasi sinyal input yang berlebihan ke bagian tweeter HF untuk mengurangi resiko kerusakan karena kesalahan pengoperasian.

“Dengan hadirnya speaker seri DBR ,teknologi DSP pintar yang dikembangkan untuk model DSR dan  DXR akhirnya tersedia untuk speaker aktif portabel kami yang paling terjangkau, speaker ini akan menjadi standar baru dalam industri sound system saat ini,” jelas Nithin Cherian, manajer pemasaran sound system dari Yamaha Amerika. “Model seri CBR adalah tambahan yang mengesankan kedalam jajaran speaker pasif kami, menawarkan solusi tata suara yang luas untuk  para pengguna diluar sana yang mencari sebuah sistem audio beroutput besar dan berkualitas tinggi dalam paket yang fleksibel.”

Speaker Aktif Yamaha Seri DBR mulai dipasarkan saat ini ,sedangkan model pasif Seri CBR akan dipasarkan mulai bulan Desember tahun ini.

Tagged : , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Comment